Flash Info

Festival Namahage ‘setan’ Jepang dan Berkah UNESCO

0
Festival Namahage
Namahage Jepang (foto : Reuters)

STARJOGJA.COM, Dunia – Saat masih anak-anak Tatsuo Sato (78) sangat ketakutan ketika roh-roh di Festival Namahage meraung ke rumahnya setiap tahun. Roh-roh itu muncul dalam bentuk festival Namahage dimana para lelaki dengan topeng bertanduk dan jubah jerami, semuanya berteriak,” Apakah ada anak-anak nakal di sini? “.

Namun saat ini, Sato berduka ketika tradisi yang sudah berabad-abad di daerahnya menghilang.

“Anak-anak menghilang, orang-orang muda menghilang. Kami harus menyerah, “kata Sato, 78 warga Jepang Utara kepada Reuters Rabu (6/3/2019).

Baca Juga :Aktor Jepang Kazuki Kitamura Dan Aktor Malaysia Bront Palarae Bintangi Serial Horor Folklore

Mendaftarkan Festival Namahage sebagai properti budaya pada akhir tahun lalu memang memberi kehidupan baru pada tradisi ini. Tetapi para ahli mengatakan kostum “dewa” mengunjungi desa itu tidak secara otomatis menjamin kelangsungan hidup. Beberapa kasus, bahkan bisa menghambat perubahan yang membantu menjaga kelanjutan kelompok, seperti termasuk orang luar atau perempuan.

“Penunjukan UNESCO ini, ada beberapa kelompok yang saya percaya mungkin tidak dapat melanjutkan – atau tidak dapat melanjutkan dalam bentuk mereka saat ini,” kata Satoru Hyoki, seorang profesor sejarah budaya di Universitas Seijo Tokyo.

Daerah Masukawa tempat kelahiran Sato menghidupkan kembali ritual Malam Tahun Baru tradisional tahun lalu setelah 12 tahun, sebagian berkat sekelompok transplantasi muda ke daerah tersebut, yang populasinya berkurang menjadi hanya 130 dalam dua dekade terakhir.

Desa Oga tak jauh dari Masukawa memiliki 120 kelompok Namahage pada tahun 1989 tetapi hanya tinggal 85 pada tahun 2015. Kendalanya adalah paa batas usia yang ikut dalam festival ini.

Beberapa dusun telah menaikkan batas usia sehinga ada desa yang memanggil orang muda dari desa luar. Sehingga muncul dengan ide untuk mengundang para pemuda dari seluruh Jepang untuk mengambil bagian bersama penduduk setempat di Masukawa.

“Jika Namahage bukan pria muda, itu tidak baik, semua orang setuju,” kata Sato, yang mengambil gilirannya sebagai iblis ketika dia masih muda.

“Mungkin jika wanita melakukannya, kita akan punya cukup banyak orang, tapi kurasa kita tidak harus sejauh itu.”

Wisata

Pejabat lokal berharap penunjukan UNESCO yang lama dicari itu membangkitkan dorongan ekonomi berbasis pariwisata yang sangat dibutuhkan di tempat-tempat seperti Oga, semenanjung terpencil sekitar 450 kilometer utara Tokyo, dan distrik Masukawa tempat Sato tinggal.

Secara ekonomi, perhatian sudah membantu. Festival Namahage Sedo di kota Oga, yang diadakan pada awal Februari, menarik 7.600 orang, dibandingkan dengan 6.100 pada 2018.

Keputusan Masukawa untuk menghidupkan kembali tradisi Malam Tahun Baru, didukung dengan pendaftaran UNESCO, menyebabkan perebutan segala sesuatu mulai dari jerami hingga bahan pedang darurat yang diangkut dari toko-toko diskon lokal.

“Kesibukan kegiatan membuat orang-orang benar-benar bahagia,” kata Ito, 27.

“Banyak orang merasa ‘para dewa harus benar-benar peduli padaku,'” katanya.

SALAH PAHAM

Profesor Hyoki mengatakan penunjukan UNESCO tidak memiliki uang yang melekat, membawa risiko pariwisata yang tidak berkelanjutan atau bahkan hilangnya otonomi. UNESCO mengakui bahwa tradisi berubah ini yang menurutnya menimbulkan kesalahpahaman.

“Beberapa orang khawatir bahwa jika mereka mendapatkan daftar UNESCO, mereka hanya akan dipaksa untuk melanjutkan dengan cara tradisional, bahwa jika mereka mencoba mengubah hal-hal orang akan berkata, ‘itu bukan cara yang dilakukan di masa lalu,’ ” katanya.

Untuk saat ini, Oga telah mengembangkan minat yang semakin besar ke dalam promosi sepanjang tahun untuk segala sesuatu Namahage, termasuk biskuit bertema setan, perangko karet, dan bahkan masker kulit wajah.

Banyak karya yang dirancang oleh Kokoro Ohtani, 24 tahun dari Jepang selatan yang pindah ke utara dan jatuh cinta dengan Namahage. Dia sekarang bekerja di kantor kota Oga.

Ohtani, yang dekat dengan salah satu kelompok pemain Namahage, mengatakan rasa hormat terhadap teman-temannya dan penghormatan mereka terhadap cara-cara tradisional telah menghalanginya dari tekanan untuk ikut serta.

“Ada sedikit bentrokan dalam diri saya, tetapi itu bukan diskriminasi atau chauvinisme,” katanya.

“Ini lebih seperti perasaan saya ingin terus berusaha sehingga, suatu hari ketika mereka membiarkan wanita mengambil bagian, saya akan menjadi orang yang mereka pilih.”

Ribuan Penganut Hindu Ikuti Tawur Agung Kesanga

Previous article

Penyanyi Lagu Aishiteru Ditangkap Karena Narkoba

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info