CulinaryLifestyle

Tak Hanya Viral, Ini Manfaat Konsumsi Ikan Shisamo

0
Tak Hanya Viral, Ini Manfaat Konsumsi Ikan shisamo
Ikan shisamo

STARJOGJA.COM, Ikan shisamo ternyata berasal dari Jepang. Ikan dengan nama Latin Spirinchus lanceolatus ini banyak ditemukan di Hokkaido, Jepang Utara.

Seperti dilansir dari Just One Cookbook, shisamo berukuran mini dengan panjang 15 cm. Perutnya agak besar karena penuh dengan telur.

Di Jepang, ikan shisamo biasanya dikonsumsi utuh dengan cara dikeringkan lalu dipanggang atau digoreng. Ikan shisamo dengan telur utuh biasa disebut kimochi shisamo.

Anda tidak perlu ke Jepang untuk menikmati ikan kesukaan Cipung ini. Restoran-restoran Jepang di Indonesia menyediakan shisamo.

Manfaat ikan shisamo

Ikan shisamo mengandung banyak fosfor, selenium, vitamin B12, mangan dan asam lemak omega-3. Kemudian melansir dari Organic Fact, shisamo juga mengandung kadar tembaga, seng, magnesium, dan kalsium cukup banyak.

Kalau sedang diet menurunkan berat badan, ikan shisamo rendah kalori dan lemak jenuh sehingga aman dikonsumsi. Sebanyak 3 ons shisamo hanya mengandung 82 kalori.

Dari berbagai kandungannya, ikan shisamo menawarkan aneka manfaat sebagai berikut.

  1. Perawatan kulit

Vitamin B pada ikan shisamo mampu berkontribusi pada pertumbuhan dan perbaikan kulit. Kemudian kandungan omega-3 bisa mengurangi peradangan pada kulit.

Kandungan selenium, mineral antioksidan mampu memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi tanda penuaan.

  1. Perawatan rambut

Konsumsi ikan shisamo yang teratur akan membuat rambut tetap sehat. Omega-3 akan meningkatkan kilau rambut sekaligus mengurangi peradangan pada kulit kepala dari ketombe.

  1. Baik untuk jantung

Ikan shisamo rendah lemak jenuh dan kolesterol. Sebaliknya, kandungan omega-3 tinggi. Lemak satu ini penting untuk pembekuan darah dan menurunkan kolesterol.

  1. Menyeimbangkan kolesterol

Kandungan asam lemak omega-3 bisa meningkatkan keseimbangan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 bekerja dengan menurunkan plak yang menumpuk di arteri jantung.

Baca juga : Star Insight Januari 2024

Sumber : Antara

Yuk Jaga Kesehatan Mental Dengan Mengelola Emosi

Previous article

Supermind, AI Buatan China Setara 120 Juta Ilmuwan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary