Flash InfoHealthNews

Ini Lho Manfaat Liburan Bagi Kesehatan!

0
liburan sehat
Ilustrasi liburan

STARJOGJA.COM, HEALTH –  Liburan tak hanya bikin hepi tapi bisa membawa manfaat bagi kesehatan. Liburan bisa mengurangi stres dan membawa sederet manfaat.

Stres yang kian menumpuk juga dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Itu sebabnya, Anda perlu meluangkan waktu sendiri maupun bersama teman atau keluarga untuk berlibur.

Liburan atau rekreasi ternyata mempunyai berbagai manfaat berikut untuk kesehatan mental dan fisik.

Berikut ini adalah manfaat liburan buat kesehatanmu!

1. Mengurangi stres
Bekerja adalah aktivitas yang paling sering menjadi pemicu stres. Hal ini wajar karena dalam seminggu, Anda menghabiskan setidaknya lima atau enam hari untuk melakukan aktivitas ini.

Liburan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres akibat pekerjaan. Dengan berlibur, Anda bisa mengistirahatkan diri sejenak dengan bepergian ke tempat-tempat yang menyenangkan.

2. Meredakan rasa cemas
Refreshing ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental, yakni dengan mengurangi kecemasan.

Timbulnya rasa cemas sangat wajar, terutama saat Anda berhadapan dengan situasi sulit. Namun, kecemasan berlebih tentu bisa membuat hidup Anda terasa tidak tenang.

3. Meningkatkan produktivitas
Anda bisa menghabiskan waktu selama liburan dengan aktivitas yang Anda sukai, seperti pergi ke pantai, mendaki gunung, hingga berkunjung ke tempat-tempat bersejarah.

Nah, kesemua aktivitas yang Anda sukai tersebut dapat membuat otak melupakan sejenak pekerjaan maupun tugas-tugas pada hari biasa yang melelahkan.

4. Menimbulkan kepuasan dalam hidup
Meluangkan waktu untuk berlibur juga perlu dilakukan. Liburan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kebahagiaan dan kepuasan dalam hidup Anda.

Selain itu, liburan juga dapat meningkatkan rasa syukur karena Anda memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan selama mengunjungi tempat-tempat yang istimewa.

5. Meningkatkan aktivitas fisik dan kesehatan tulang

Apakah Anda termasuk pekerja yang kesehariannya menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Rutinitas ini tentu membuat Anda jadi kurang aktif bergerak.

Liburan membantu meningkatkan aktivitas fisik. Ketika berlibur, Anda perlu berpindah dari satu tempat ke tempat lain sehingga Anda akan berjalan kaki lebih banyak dari biasanya.

6. Menurunkan risiko penyakit jantung

Stres yang berlebihan berdampak buruk pada kesehatan jantung. Dilansir dari situs American Heart Association, stres dapat meningkatkan tekanan darah sehingga memperburuk penyakit jantung.

Dengan mengurangi stres, risiko penyakit jantung bisa menurun. Ditambah dengan pola makan sehat dan aktivitas fisik selama liburan, kesehatan jantung pun kian terjaga.

7. Meningkatkan kualitas hubungan dengan orang terdekat
Tanpa disadari, kesibukan selama hari kerja dapat membuat hubungan Anda dengan keluarga, pasangan, dan teman menjadi berjarak.

Nah, salah satu manfaat liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat ialah membantu Anda menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka.

Cobain ! Racikan Khas Bakmi Pak Rebo yang Melegenda

Previous article

Manjakan Lidah di Warung Legendaris Ayam Goreng Mbok Sabar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info