NewsPendidikan

Comminfest 2024 Ajak Gen Z Peduli Lingkungan

0
Comminfest 2024

STARJOGJA.COM, JOGJA – Comminfest 2024 Ajak Gen Z Peduli Lingkungan .Comminfest 2024 hadir mengangkat tema Challenge: Caring For Nature : Building Harmony for a Better Earth.

Comminfest 2024 diselenggarakan sebagai aksi untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya kepedulian terhadap isu lingkungan hidup yaitu keanekaragaman hayati yang ada dalam keberlangsungan ekosistem daratan.

Koordinator Umum Comminfest 2024, Renjiro Alvano Nathanael Sutanto atau kerap disapa Nathan mengatakan bahwa Comminfest merupakan acara tahunan sejak tahun 2015 dan diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa FISIP UAJY.

“Sesuai dengan tema tahun ini, kita konsen dengan kerusakan ekosistem yang ada di sekitar kita. Dimana kita tahu ini menjadi isu yang paling tinggi namun masih kalah dengan isu – isu yang lain seperti Pemilu. Comminfest di create tidak hanya sebuah kegiatan Ilmu Komunikasi yang sebelumnya hanya perlombaan saja namun juga menambahkan kegiatan kampanye,” jelasnya.

Ia menuturkan Kegiatan kampanye terdiri dari penanaman bibit pohon di desa Argomulyo Cangkringan, Sleman, kemudian pembersihan bantaran sungai kali Code di area Kotabaru dengan melibatkan Dinas Lingkungan Hidup.

Nathan berharap dengan inovasi ini bisa mengajak Generasi Z untuk menggunakan social media untuk mengangkat isu ini agar lebih diketahui banyak orang. Dan tidak hanya berhenti pada aspek pemahaman namun juga dalam tindakan dan berefek pada kelangsungan hidup ekosistem.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (17/05) di Ruang Auditorium II Gedung Thomas Aquinas Universitas Atma Jaya Yogyakarta itu menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Feri Maryuliati (kepala Bidang Rehabilitasi Konservasi Alam dan Perlindungan Hutan Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta), Bintang Muhammad (Influencer), dan Muthia Resa ( Area Marketing Manager Nutrifood).

Feri Maryuliati, Kepala Bidang Rehabilitasi Konservasi Alam dan Perlindungan Hutan Dinas lingkungan hidup Yogyakarta mengajak Generasi muda turut membantu program pemerintah menjaga kelestarian lingkungan.

” Kelestarian lingkungan tidak hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan saja tapi melibatkan semua pihak termasuk anak – anak muda, instansi dan masyarakat,”jelas Feri.

Sedangkan Bintang Muhammad salah satu influencer mencoba mengajak anak muda untuk lebih aware dengan lingkungan dan permasalahan sampah dengan konten – konten menarik baik melalui Tiktok, YouTube dan Instagram.

Muthia Resa Area Marketing Manager Nutrifood menuturkan sebagai bentuk Green Movement Nutrifood mendukung Gen Z untuk lebih concern atas lingkungannya sendiri dan keterkaitan dengan social media.

Comminfest 2024 merupakan gelaran dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta berkolaborasi bersama dengan KPKS (Kelompok Profesi / Kelompok Studi) dan AJR (Atma Jaya Radio). Kompetisi diikuti oleh puluhan perguruan tinggi se-Indonesia, diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Negeri Surabaya dan masih banyak lagi.

Juventus Pecat Pelatih Massimiliano Allegri

Previous article

10 Langkah Hindari Penyakit Hipertensi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News