Kab GunungkidulNews

UMKM Gunungkidul Binaan PLN Jogja Pamer Prestasi di Dekranas 2024

0
UMKM Gunungkidul Binaan PLN

STARJOGJA.COM, JOGJA – UMKM Gunungkidul Binaan PLN Jogja Pamer Prestasi di Dekranas 2024.

Rumah BUMN Gunungkidul, salah satu wadah UMKM Kabupaten Gunungkidul binaan PLN UP3 Yogyakarta berhasil mengentaskan lebih dari 230 UMKM Kabupaten Gunungkidul ke level yang lebih tinggi.

Keberhasilan tersebut ditampilkan dalam Expo Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 yang berlangsung di Lapangan Pamedan Mangkunegaran, Kota Surakarta pada 15-18 Mei 2024 lalu.

Edhy Surbakty, Direktur Utama Rumah BUMN Gunungkidul menyampaikan bahwa kriteria naik kelas yang dimaksud terbagi menjadi empat kategori, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online juga Omzet.

“Kini sekitar 230 anggota telah memenuhi kriteria naik kelas di kategorinya masing-masing, yaitu Go Modern yaitu UMKM yang tadinya berdiri sendiri, menjadi UMKM yang lebih mandiri dan memiliki berbagai ilmu tentang bisnis, Go Digital yaitu UMKM yang berhasil berubah dari manual ke sistem digital, Go Online yaitu UMKM yang berhasil memasarkan bisnisnya melalui berbagai media online, dan juga Omzet yaitu penyediaan fasilitator asesmen setiap akhir tahun untuk mengevaluasi keberhasilan bisnisnya”, ungkap Edhy.

Total 1.819 UMKM dari berbagai sektor bisnis, yang terdaftar sebagai anggota Rumah BUMN yang berkantor di Komplek Kantor PLN ULP Gunungkidul ini, sejak Tahun 2017. Setidaknya 250 UMKM masih aktif mengikuti berbagai event, baik workshop, kelas pelatihan maupun pameran sampai saat ini, termasuk keikutsertaannya dalam kegiatan pameran nasional seperti Dekranas 2024.

Edhy memaparkan, dalam kurun waktu tiga hari pameran di Dekranas, UMKM Binaan Rumah BUMN Gunungkidiul meraup omzet sebesar Rp 23.492.500,-.

“Dengan hasil dari pameran ini, membuktikan bahwa kami Rumah BUMN beserta pendamping dari PLN Jogja, selalu All Out kepada kawan-kawan UMKM anggota, dari mulai memberikan pelatihan, pendampingan hingga pemasarannya, dan keberhasilan mereka tentu menjadi keberhasilan juga bagi kami”, ungkap Edhy.

Edhy berharap kedepan lebih banyak lagi pameran tingkat nasional maupun internasional yang bisa mereka ikuti, agar memberikan stimulasi baru bagi anggota Rumah BUMN untuk lebih semangat dalam berwirausaha.

“Seperti Dekranas 2024 ini, sebuah momentum tingkat nasional yang dihadiri ribuan orang, baik masyarakat biasa maupun orang-orang penting di negeri ini, tentu menjadi stimulus dan insight yang bagus untuk para anggota, dan ini yang kami harapkan dari sebuah event pameran, dalam misi menggapai kelas yang lebih tinggi lagi bagi UMKM”, pungkasnya.

Dalam pameran yang juga perayaan HUT Dekranas ke-44 ini dihadiri juga oleh Ibu Negara, Iriana, para istri juga pejabat di lingkungan kementrian, BUMN maupun Pemda dari seluruh Indonesia, para penggiat kerajinan, juga masyarakat Surakarta dan sekitarnya.

Salah satu pengunjung yang menyambangi stand Rumah BUMN Gunungkidul adalah Loto Srinaita Ginting, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN. Ia tertarik dan membeli salah satu produk fashion karya peserta jebolan program Fashion Class Incubation Series Batch 1 serta GREBEK UMKM Batch 1 Rumah BUMN Gunungkidul, Hesti Elfata dengan Brand Elfata Fashion.

Loto mengapresiasi karya Elfata Fashion yang unik dan menghimbau untuk lebih berani dalam membanderol harga selama menguasai selera pasar yang dituju. .

“Selera pasar sudah dapat, harga harus lebih berani”, ungkap Loto.

Nikmatnya Bumbu Merah Pedas Ayam Bakar Artomoro

Previous article

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Riset, UWM Jalin Kerjasama dengan Thai-Nichi Institute

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *