JogjaKUNewsWisata

Wisata Kalikuning : Melihat Merapi di Atas Bukit

0
Bukit Kalikuning

STARJOGJA.COM, JOGJA – Meletusnya Gunung Merapi di tahun 2010 menyisakan banyak sejarah yang tak lekang oleh waktu. Bukit Kalikuning menjadi salah satu peninggalannya yang kini mengundang banyak wisatawan dari banyak daerah.

Bukit Kalikuning sendiri berlokasi di Kedungsriti, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman. Beroperasi mulai dari jam 09.00 sampai 15.00 WIB saja.

Jika dilihat kondisinya dulu, Kalikuning merupakan sebuah sungai yang menjadi aliran lahar dari Gunung Merapi. Sedangkan, bukitnya sendiri terbentuk saat peristiwa erupsi di tahun tersebut.

Walaupun menimbulkan kesedihan dan kerugian yang besar bagi masyarakat setempat, kawasan terdampak dari peristiwa Gunung Merapi berhasil di sulap oleh tim Taman Nasional Gunung Merapi. Kondisi ini didukung oleh kondisi alam di sekitarnya yang semakin hijau dan potensial.

Pengelolaan Bukit Kalikuning dilakukan pertama kali pada Januari 2017, beragam upaya dikerahkan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang semakin cocok digunakan sebagai destinasi wisata. Bukit ini akhirnya selesai dan resmi dibuka untuk publik pada bulan Februari 2017.

Saat memasuki kawasannya, anda akan menemukan pemandangan yang mengagumkan. Pesona bukit yang menjalar tinggi dan beragam tumbuhan hijau yang segar tentu akan berhasil menghipnotis setiap pengunjung. Suara riuhnya air dan angin yang berpadu akan menjamin perjalanan anda menjadi seru!

Saat berada di puncaknya, anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit Andesit yang sangat menarik. Terlebih, ada beberapa kebun bunga seperti bunga puspa dan rasamala yang jarang sekali ditemukan. Jika beruntung, anda juga akan melihat kepulan asap yang muncul dari kawah di kawasan tersebut.

Selain menjadi tempat wisata, Bukit Kalikuning juga telah menjadi mata air yang mengalir ke beberapa sungai seperti Cakringan, Kalasan, Ngemplak, dan Pakem.

Ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan ketika berada di Bukit Kalikuning seperti berswafoto dan berkemah. Perlu dicatat, untuk yang ingin berkemah anda akan dikenai biaya tambahan di luar tiket masuk wisata. Tiket wisata ini sendiri di bandrol dengan harga Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Sumber : Visiting Jogja

Penulis : Rossa Deninta

Tips Pengelolaan Keuangan Untuk Pengantin Baru

Previous article

JURNAL HAJI : Embarkasi Solo Mulai Menerima Pasokan Air Zam zam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU