News

Layanan Jamaah Calon Haji Reguler di Madinah Lancar

0
Komnas Haji
ibdah haji (ist)

STARJOGJA.COM,JAKARTA. Layanan jamaah calon haji reguler Indonesia gelombang 1 di Madinah berjalan dengan lancar. Demikian disampaikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI dikutip dari antaranews.com.

“Alhamdulillah, fase pelayanan jamaah haji reguler yang berangkat pada Gelombang I di Madinah telah berakhir, seiring keberangkatan kloter terakhir dari Madinah menuju Makkah pada 1 Juni 2024,” kata Juru Bicara Kemenag RI Anna Hasbie dalam keterangan di Jakarta, Senin.
Anna mengungkapkan pihaknya bersyukur karena secara umum layanan jamaah calon haji Indonesia di Madinah yang berlangsung sejak 12 Mei–1 Juni 2024 berjalan dengan lancar dan baik.
Meskipun masih ada jamaah calon haji yang dirawat di Madinah, ia menilai Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menjalankan tugasnya secara optimal dalam memberikan layanan kepada jamaah.

“Layanan jamaah selama di Madinah sangat dinamis, namun Alhamdulillah para petugas dapat memberikan layanan terbaik kepada jamaah,” ujarnya.
Kemenag melaporkan sebanyak 2.241 bus secara bertahap mengantar jamaah calon haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah, dengan spesifikasi bagasi luas dan satu bus maksimal 42 jamaah.
Kemudian, sambungnya, layanan katering sekitar 2,06 juta boks diserahkan untuk menu reguler dan lebih dari 94 ribu untuk menu lansia, serta layanan konsumsi air bersih yang mencapai 205.044.750 liter
Selanjutnya jamaah calon haji dan petugas kloter selama di Madinah tinggal di 84 hotel dengan total sekitar 21 ribu kamar.

“Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah selama fase Gelombang I memberikan layanan rawat jalan kepada 534 jamaah, rawat inap 175 jamaah, dan rujukan dari KKHI ke RSAS sebanyak 23 jamaah,” ujarnya.
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag RI Subhan Cholid menambahkan saat ini layanan jamaah calon haji Indonesia sudah mulai terkonsentrasi di Makkah.
“Jamaah menunggu dan bersiap untuk pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” ucapnya.

Gudeg Pawon Sajikan Makanan di Dapurnya Langsung!

Previous article

Benteng Vredeburg Jadi Saksi Peristiwa Bersejarah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News