JogjaKUNewsWisata

Kampung Wisata Sosromenduran : Miliki Beragam Atraksi dan Souvenir

0
Kampung Wisata Sosromenduran

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kampung Wisata Sosromenduran terletak di samping kawasan Malioboro kerap bagikan beragam atraksi keren yang dapat anda saksikan. Atraksi tersebut biasanya terdiri dari Tari Klasik, Musik Garapan, Musik Keroncong, hingga Barongsai. 

Uniknya, anda juga akan menemukan atraksi berupa penampilan seni musik tradisional bernama kentongan yang dimainkan oleh sekumpulan ibu-ibu. Selain dimanjakan dengan segenap atraksi, anda juga akan menemukan kerajinan workshop pembuatan barongsai dan liong yang biasa dijumpai pada perayaan Imlek. 

Jika bicara soal barongsai, kampung ini memiliki seorang pengrajin barongsai yang tidak memiliki garis keturunan Cina, namanya adalah Pak Pong. Kerajinan tersebut kemudian dilanjutkan oleh cucunya yang kini kerap memproduksi barongsai berbahan kerangka dari rotan. Kini, kerajinannya kerap mendatangkan pesanan dari berbagai pulau. 

Tak mau kalah dengan kampung wisata lain, Kampung Sosromenduran juga memiliki acara tahunan yang disebut Upacara Apeman atau Ruwahan. Tradisi tersebut dilakukan dengan membuat apem di pagi hari, dilanjutkan dengan proses Kirab Budaya dan Kenduri ketan, kolak, apem, hingga nasi gurih di sore harinya. Tradisi ini akan ditutup dengan melakukan doa dan makan bersama. 

Keberagaman ini sengaja dibentuk untuk menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara agar dapat berkunjung. Namun, lebih dari itu, keberagaman kampung ini juga menjadi cerminan akan semangat pemberdayaan masyarakatnya.

Saat ini, Kampung Wisata Sosromenduran memiliki segenap produsen souvenir dan kuliner yang sangat beragam. Anda dapat menemukan pokoke blangkon, patung bregodo, kain perca, kue coro, wingko, hingga bakpia. Sederet produksi ini tentu dapat dijadikan sebagai pilihan untuk membeli oleh-oleh.

Tak perlu khawatir bosan, kampung ini turut menyediakan sederet fasilitas kepariwisataan, mulai dari hotel, tempat penyewaan kendaraan, warung atau restoran, hingga tempat pertukaran uang. Anda dapat memanjakan diri seharian dengan berkeliling sekaligus berwisata di kampung ini. 

Secara wilayah, kampung ini berada persis di Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedongtengen. Posisinya juga tidak jauh dari Stasiun Tugu. Namun, perlu diketahui kawasan ini tidak dapat dimasuki oleh kendaraan roda empat. Jadi, pastikan ada akan menikmatinya dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. 

Jadi, tertarik untuk segera berkunjung?

Sumber : Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Yogyakarta

Penulis : Rossa Deninta

Benteng Vredeburg Jadi Saksi Peristiwa Bersejarah

Previous article

Google Berikan Beasiswa 10.000 Talenta Digital di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU