HealthLifestyle

Musim Pancaroba, Warga Sleman Menjaga PHBS

0
menjaga PHBS
menjaga PHBS (ist)

STARJOGJA.COM, Info – Warga Sleman harus waspada dengan penyakit yang sering muncul pada musim pancaroba. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman mengingatkan masayrakat agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Pada musim peralihan dari hujan ke kemarau, sangat rawan munculnya penyakit leptospirosis maupun demam berdarah dengue (DBD),” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Sleman Khamidah Yuliati di Sleman, Selasa.

Menurut dia, kasus leptospirosis di Kabupaten Sleman dari Januari hingga Mei 2024, tercatat sebanyak 19 orang.

“Dari jumlah tersebut ada tiga orang yang meninggal dunia,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran penyakit leptospirosis maupun DBD, karena pada musim pancaroba potensi penyebaran berbagai penyakit memang cukup meningkat.

“Terlebih pada jenis penyakit yang disebarkan melalui genangan air seperti leptospirosis dan DBD, karena genangan air hujan yang sedikit-sedikit dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan bakteri leptospira,” katanya.

Khamidah Yuliati mengatakan sebagai upaya pencegahan masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah agar tidak menjadi lokasi bersarang hewan pengerat dan melakukan PHBS.

“Sedangkan untuk mengantisipasi DBD, masyarakat dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan melakukan tiga 3M, yakni mengubur benda-benda bekas dan tempat yang berpotensi genangan, menguras, serta menutup tempat penampungan air,” katanya.

Ia mengatakan dengan berbagai upaya PHBS dan PSN harapannya dapat menekan kasus DBD maupun leptospirosis.

Sumber : Antara

Baca juga : PHBS Hindarkan Sakit di Musim Hujan

Bayu

Masjid Pathok Negara Jadi Pusat Pendidikan dan Keamanan di Yogyakarta

Previous article

Pemerintah Arab Saudi Luncurkan Dompet Digital Layanan Jamaah Umrah dan Haji

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health