JogjaKUNewsUniknya Jogja

Cicipi Ayam Goreng Mbah Tumbu di Gunung Kidul

0
Ayam Goreng Mbah Tumbu

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ayam goreng sudah lama dikenal sebagai hidangan paling populer di kalangan masyarakat. Sama halnya dengan Ayam Goreng Mbah Tumbu yang juga terkenal dan menjadi incaran banyak orang, baik dari dalam maupun luar Jogja. 

Ayam goreng disini memiliki daya tarik utama dari cita rasa bumbunya yang khas dan unik. Pengolahan ayamnya sendiri dilakukan dengan menggunakan bumbu racikan pilihan yang dibiarkan hingga meresap ke dalam daging. Terlebih, mereka masih menggunakan alat-alat tradisional seperti tungku dan kayu bakar untuk mengolahnya. 

Penggunaan alat-alat tradisional yang masih rutin digunakan ternyata dianggap menjadi kunci dari rasa sedap yang selalu konsisten. Pasalnya, Ayam Goreng Mbah Tumbu sendiri sudah berdiri sejak tahun 1963 silam. 

Satu porsi ayam goreng yang dibeli berisikan menu pelengkap lodeh tahu cabai hijau. Perpaduan menu inilah yang kemudian menjadi keunikan lain dari warung ini dibandingkan yang lain. Satu potong ayam goreng disini dibandrol dengan harga Rp 27.000. 

Kemudian, terdapat juga sambal khasnya yang terbuat dari cabai rawit hijau, cabai merah, dan bawang putih. Tentu akan jadi pelengkap yang pas untuk menemani hidangan ayam goreng anda. 

Selain menu ayamnya yang melegenda sejak lama, tempat makan ini juga memiliki menu lain yang patut dicoba seperti sayur lombok hijau dan ayam opor. Cita rasa lokalnya dijamin membuat anda ketagihan. 

Ayam Goreng Mbah Tumbu berlokasi di Ngebrak Barat, Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Memiliki jam operasional mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB. 

Sumber : Visiting Jogja 

Penulis : Rossa Deninta

Indonesia Vs Filipina, Indonesia Pernah Menang 13-1

Previous article

Arab Saudi Tidak Izinkan Masuk Mekkah, Jika Jamaah Haji Tanpa Kartu Pintar Nusuk

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU