JogjaKUNewsWisata

Pesona Hamparan Pasir di Gumuk Barchan

0
Gumuk Barchan

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tahukah kamu, salah satu gumuk yang langka di dunia ada di Indonesia, namanya adalah Gumuk Barchan. Gumuk tersebut jadi satu dari tiga gumuk sejenis ini yang ada di dunia. 

Lokasi gumuk ini sendiri ada di Grogol XI, Pantai, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. 

Gumuk Barchan menjadi sangat langka karena keunikan utamanya yang terbentuk dari siklus alami yang terus berulang. Jika dilihat dari sejarahnya, pasir lembut yang ada di tempat ini berasal dari Gunung Merapi yang terbawa arus dari sungai.

Tak hanya sungai, pasir ini juga bermuara di lautan yang pada akhirnya bertumpuk di tepi pantai. Uniknya, pasir ini juga tidak dapat hanyut ke laut karena ombak-ombak yang terus berdatangan. 

Saat ini, daya tarik utama dari Gumuk Barchan adalah bentangan gumuk pasirnya yang sangat luas. Pengunjung akan dimanjakan dengan lembutnya pasir yang eksotis bak di Gurun Sahara. Selain itu, pengunjung juga memiliki pilihan untuk melakukan kegiatan lain. 

Sama seperti wisata gumuk lainnya, Gumuk Barchan menyediakan spot untuk melakukan sandboard atau berselancar di atas pasir. Tak perlu khawatir, tempat wisata ini juga sudah menyewakan alat-alat khusus yang akan digunakan selama sandboard. 

Selain itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari spot Padang Ilalang. Spot ini dibuat berbentuk seperti menara tinggi yang dikhususkan sebagai spot foto bagi pengunjung. Jadi, jangan lupa untuk mendokumentasikan pemandangan disana sepuas-puasnya. 

Pengunjung yang tertarik dengan Gumuk Barchan disarankan untuk datang di pagi atau sore hari. Hal ini dilakukan agar pengunjung bisa merasakan suasana yang teduh dan tidak perlu panas-panasan. 

Wisata Gumuk Barchan juga tidak memungut biaya sepeserpun bagi pengunjungnya. Pasalnya, tiket masuknya sudah termasuk dengan biaya retribusi Pantai Parangtritis. Namun, anda tetap disarankan membawa uang kecil untuk membayar parkir dan menikmati fasilitas yang ada disana. 

Sumber : Visiting Jogja 

Penulis : Rossa Deninta 

Jadwal Pemadaman Listrik DIY, Senin 10 Juni 2024

Previous article

Jurus RI Akali Kursi Kosong Pesawat pada Masa Haji 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU