JogjaKUNewsWisata

Rekomendasi 8 Spot Sunrise di Jogja, Wajib Dikunjungi!

0
Spot Sunrise di Jogja

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tidak semua tempat memiliki spot sunrise yang cantik. Namun, di Jogja anda tak perlu kesulitan untuk menemukan spot sunrise tersebut. Selain itu, spot ini juga menawarkan pemandangan alam yang membuat anda semakin betah berlama-lama disini. 

Ini dia, 8 rekomendasi spot sunrise yang ada di Jogja : 

Gunung Ireng

Gunung Ireng 

Nama ireng dari gunung ini diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti hitam. Nama ini sesuai dengan kondisi gunung yang banyak ditutupi oleh bebatuan hitam. Tingginya posisi Gunung Ireng membuat anda dapat menikmati pemandangan langit yang sangat jelas. Kondisi ini juga ditunjang dengan disediakannya spot khusus untuk melihat pemandangan sunrise. 

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan bukit serta pepohonan yang masih asri. Jika tertarik, Gunung Ireng berlokasi di Ngrancahan, Pekok, Kec. Patuk, Kab. Bantul. Untuk datang ke tempat ini, anda hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk membeli tiket masuknya. 

Gunung Merapi 

Gunung Merapi

Tentu anda tidak asing dengan Gunung Merapi ini kan. Salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia ini ternyata menjadi spot sunrise yang sangat menggoda di bagian puncaknya. 

Untuk anda yang menyukai pendakian, spot sunrise ini akan memberikan kesenangan tersendiri yang sangat berkesan. Namun, perlu dicatat juga, jika ingin mendaki gunung merapi pastikan anda mengetahui statusnya terlebih dahulu. Tentu demi menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi. 

Bukit Cendana

Bukit Cendana

Bukit selanjutnya tak hanya menawarkan spot sunrise tapi juga sunset. Cantiknya pemandangan kedua fenomena tersebut juga didukung dengan berdirinya gardu pkalianng. Gardu ini biasanya digunakan bagi pengunjung untuk melihat spot sunrise atau sunset lebih jelas, termasuk dijadikan sebagai spot foto. 

Selain itu, Bukit Cendana turut menawarkan pemandangan alam lain berupa rimbunnya pepohonan hijau serta Waduk Sermo yang terlihat jelas dari atas bukit. Bukit Cendana sendiri berada di Tegiri 2, Hargowilis, Kulon Progo. Tiket masuk bukit ini hanya sebesar Rp 5.000 saja dengan ditambah Rp 2.000 untuk biaya parkir. 

Bukit Panguk 

Bukit Panguk

Bukit Panguk menjadi spot sunrise lainnya yang begitu memesona di Jogja. Pengunjung sangat disarankan untuk datang ke tempat ini saat pagi-pagi buta. Pasalnya, pengunjung akan menemukan lautan awan yang berada di kaki Bukit Panguk dan terbitnya matahari dari celah bukit yang sangat menawan. 

Suasana bukit yang dingin dan segar akan membuat siapapun betah tinggal lama di Bukit Panguk. Bukit ini berlokasi di Kediwung, Mangunan, Bantul. Tiket masuknya sangat murah yakni hanya Rp 3.000 saja dengan ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000. 

Bukit Ngisis

Bukit Ngisis

Nama ngisis dari bukit ini dalam bahasa Jawa memiliki arti tempat mencari semilir angin. Hal ini dapat terlihat dari posisi bukitnya sendiri yang berada di Titik Nol Kebun Teh Nglinggo di ketinggian 900 mdpl. 

Saat berada di Bukit Ngisi, pengunjung akan dimanjakan dengan spot sunrise sekaligus sunset yang mengagumkan. Tak hanya itu, melalui bukit ini pengunjung dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Selain menikmati pemandangan, pengunjung juga akan ditawarkan paket berkemah. 

Bukit Ngisis berlokasi di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo. Satu tiket masuk ke bukit ini hanya sebesar Rp 5.000 saja. 

Pantai Sundak

Pantai Sundak 

Pantai tentu sudah terkenal dengan spot sunrise yang tidak ada duanya. Hal ini juga yang dimiliki oleh Pantai Sundak. Pantai ini memiliki spot sunrise dengan ditambah pemandangan deretan tebing dan batuan karang. 

Pantai Sundak memiliki pasir putih yang lembut serta suasana yang sangat eksotis. Pengunjung di pantai ini juga memiliki aktivitas pilihan seperti sepak bola pantai, bermain volly, dan outbond. Pantai ini berlokasi di Jl. Pantai Sundak, Sidoharjo, Kec. Tepus, Gunung Kidul. 

Pantai Krakal 

Pantai Krakal

Pantai Krakal juga tak kalah dalam menawarkan spot sunrisenya dari Pantai Sundak. Saat melihat pemandangan sunrise, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan birunya hamparan laut dan bebatuan yang berada di tengah pantai. 

Pengunjung disarankan untuk datang ketika cuaca sedang cerah sehingga pemandangannya dapat terlihat lebih jelas dan cantik. Pantai Krakal berada di Rejosari, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Jungwok 

Pantai Jungwok

Walaupun namanya belum cukup terkenal, Pantai Jungwok memiliki spot sunrise yang cantik dan sulit diungkapkan. Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh jalanan yang cukup terjal dan berjarak 1 KM dari lokasi parkir. 

Sama seperti pantai-pantai sebelumnya, Pantai Jungwok menyajikan pemandangan sunrise yang ditambah dengan panorama lautan yang begitu menenangkan hati serta pikiran. Jika tertarik berkunjung, pantai ini berlokasi di Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. 

Sumber : Visiting Jogja 

Penulis : Rossa Deninta 

Jurus RI Akali Kursi Kosong Pesawat pada Masa Haji 2024

Previous article

Indonesia Vs Filipina, Indonesia Pernah Menang 13-1

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU