JogjaKUNewsWisata

Wisata Alam dan Edukasi di Puri Mataram

0
Taman Bunga Puri Mataram Sleman

STARJOGJA.COM, JOGJA – Jika bosan memanjakan diri di pusat perbelanjaan, anda dapat memilih Wisata Puri Mataram untuk melepaskan penat dari segala pekerjaan. 

Jogja memang tak pernah kehabisan ide untuk terus menciptakan tempat wisata unik dan baru. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya wisatawan yang terus berdatangan di setiap waktunya. Salah satu objek wisata yang kehadirannya mulai banyak disinggahi oleh wisatawan adalah Puri Mataram. 

Wisata alam Puri Mataram ini menyuguhkan keindahan alam hijau yang dihiasi oleh berbagai macam tanaman dan bunga-bunga cantik di sekitarnya. Suasana persawahan yang ada di kawasan wisata ini juga menambah kesan asri dan segar, jauh dari polusi yang menyesakkan. 

Selain itu, Puri Mataram juga memiliki konsep wisata yang masih kental dengan adat Jawa, khususnya Jogja. Kondisi tersebut tentu dapat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai media belajar budaya Jawa melalui ornamen bangunan yang ada. 

Unsur adat Jawa yang ada di tempat ini juga dapat terlihat dari bagian pintu masuk. Pengunjung akan disambut dengan semacam gerbang plengkung yang bertuliskan Puri Mataram serta aksen khas Jogja di sekitarnya. Gerbang ini seakan menyambut pengunjung untuk masuk ke sebuah kerajaan bak keraton. 

Nama Puri Mataram sendiri memiliki arti sebagai “Taman di Sebuah Keraton”. Sedangkan, secara filosofi kata puri memiliki makna sebagai sebuah tempat indah dengan taman, air, dan kata mataram merujuk pada Kerajaan Mataram dengan bangunan khas pendo serta limasan. 

Taman yang memiliki luas 4,5 hektar ini juga pada dasarnya tidak memungut biaya sepeserpun bagi begi setiap wisatawan yang berkunjung. Namun, wisatawan tetap diharuskan membayar jika mencoba wahana-wahana disana. Untuk biayanya sendiri cukup bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000.

Wahana yang disediakan di Puri Mataram juga sangat beragam dan semuanya dapat dinikmati oleh wisatawan dari berbagai kalangan usia. Pertama, ada wahana air yang sangat menyenangkan, disana wisatawan dapat menemukan wahana seperti becak air dan sepeda air dengan bentuk karakter hewan yang lucu. 

Kemudian, terdapat sebuah taman kelinci yang tentu akan sangat menarik perhatian anak-anak. Taman ini memiliki ukuran yang cukup luas dan rimbun dengan tanaman hijau. Saat berada di taman ini, wisatawan akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan kelinci yang ada, bahkan hingga memberi makanan. 

Selain taman kelinci, disini wisatawan juga akan menemukan taman bunga yang tak kalah cantik. Taman ini berisikan deretan bunga berbagai jenis dengan warna-warni yang cantik serta memesona. Tak hanya itu, di taman ini juga disediakan spot foto khusus, sehingga wisatawan dapat berfoto-foto dengan pemandangan yang baik. 

Jika tertarik untuk berkunjung, wisata ini berada di Jl. Puri Mataram, Panglikan, Tridadi, Kab. Sleman. Wisata ini juga buka hingga setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

Sumber : Visiting Jogja

Penulis : Rossa Deninta 

 

The Original Gelato Prambanan : Nikmati Es Krim dengan Pemandangan Candi

Previous article

“A SOUL JOURNEY: ETERNAL SKY” Pameran Seni Artotel Yogyakarta dengan Cynthia Atmadjaja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU