MusicNews

Perjalanan Genre Musik Indonesia di Setiap Masa

0
Perjalanan Genre Musik di Indonesia

STARJOGJA.COM, Musik Indonesia memiliki perkembangan yang begitu pesat, tak terbatas dari satu genre saja. Ini dia perjalanan genre musik Indonesia yang menarik. 

Genre Musik Tahun 70 dan 80

Jika melihat kilas balik di tahun 70-an silam, genre musik di Indonesia dipenuhi dengan musik-musik Pop ala Koes Plus, Chrisye, Yockie, dan Ebiet G. Ade. Nama musisi yang telah melegenda di telinga masyarakat inilah yang akhirnya berhasil membawa perkembangan baik bagi musik Indonesia sampai di era ini. 

Tak sedikit musisi muda seperti Raisa, Isyana Sarasvati, Tulus, Judika, dan lainnya yang menganggap mereka sebagai inspirasi mereka dalam berkarya. 

Selain genre pop, di tahun 70-an ini juga Indonesia memperluas genre musiknya hingga muncul musik dangdut. Musik dangdut sendiri merupakan hasil dari campuran musik Melayu, India, dan.

Pada saat itu, genre dangdut dianggap menjadi musik rakyat yang kemudian banyak diputar berbagai saluran televisi. Rhoma Irama menjadi musisi yang dianggap mempopulerkan genre ini. 

Sedangkan, pada tahun 80-an, mulai muncul synthesizer pada musik Pop Jepang yang juga memiliki andil besar terhadap perjalanan genre musik di Indonesia. Genre ini memiliki ciri khas suara serta melodi yang cocok digunakan untuk menari. Pada akhirnya, genre tersebut juga berpengaruh pada perkembangan musik Pop di Indonesia. 

Setelahnya, muncul genre musik alternatif seperti musik yang dihasilkan Boomerang dan Godbless. Godbless sendiri muncul dengan sound synthnya yang begitu mencolok di tengah riffing gitar distorsi.

Genre Musik Tahun 90 dan 2000 

Pada tahun 90-an, genre musik Indonesia mengalami pergeseran yang cukup drastis dengan munculnya Hip Hop yang semakin populer oleh karya milik musisi Iwa K. Saat itu, Iwa K beberapa rapper lainnya dianggap menjadi ujung tombak akan keberadaan Hip Hop. 

Pada tahun yang sama, genre musik lainnya juga berhasil membesarkan nama-nama musisi kenamaan Indonesia. Terdapat Kahitna dengan genre pop, Dewa 19 dengan genre alternative, dan Slank dengan genre rock nya. 

Hampir sama dengan sebelumnya, tahun 2000 menjadi perkembangan yang cukup tinggi pada genre Pop di Indonesia. Pada era ini, musik Indonesia didominasi oleh musik-musik seperti Sheila On 7, Nidji, Peterpan, Naif, dan Gigi.

Kemudian, pada pertengahan tahun 2000-an, genre musik dangdut mulai populer lagi melalui artis seperti Inul Daratista dan Siti Badriah. 

Genre Musik Tahun 2000

Pada tahun 2010, perkembangan genre musik di Indonesia memunculkan musik-musik Pop Melayu yang dipopulerkan oleh Band ST12, Armada, dan D’Bagindas. Pada saat yang bersamaan, tahun 2010 menjadi era dimana muncul banyak sekali boyband maupun girlband seperti SMASH dan Cherrybelle. 

Sejak saat itu, genre musik di Indonesia memiliki perkembangan yang sangat beragam dan memiliki ciri khas tersendiri dari setiap penyanyinya. Kondisi ini tidak terlepas dari banyaknya musisi yang mulai eksploratif dalam menghasilkan karya. 

Saat ini, sulit menemukan untuk menemukan genre yang hanya menggunakan satu genre saja. Pasalnya, dalam satu lagu saja terkadang banyak sekali ditemukan unsur Rock, Pop, Hip Hop, dan Elektronik. 

Sumber : Eventori View

Penulis : Rossa Deninta 

Ibadah Haji 2024, Ada Lebih 1.300 Jamaah Haji Meninggal

Previous article

Fans All-4-One Indonesia Puas Nostalgia di Jakarta Barat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Music