NewsSport

Ini Dia Deretan Sirkuit F1 Terbaik di Dunia

0
Sirkuit F1 Terbaik di Dunia

STARJOGJA.COM, Ajang perhelatan F1 tentu tidak akan terlepas dari sirkuit yang digunakan. Setiap sirkuit di berbagai negara memiliki banyak sekali keunikan dan ciri khasnya tersendiri. 

Selain terkenal dengan liukan yang mematikan, beberapa sirkuit di negara-negara ini dianggap terbaik dan dapat memanjakan mata penggemar F1. Sirkuit tersebut dipilih dengan penilaian berbagai aspek seperti sejarah, desain, lokasi, dan lingkungan sekitar. 

Berikut beberapa deretan sirkuit F1 yang dianggap paling menawan : 

Circuit Monaco (Monaco)

Jika berbicara soal sirkuit terbaik F1, tentu sirkuit Monaco ini tidak dapat terlewatkan. Sirkuit ini berlokasi di sebelah pantai Riviera. Para penggemar setia F1 biasanya akan dimanjakan dengan balapan sekaligus pemandangan pelabuhan yang berada tepat di samping sirkuit. 

Keunikan lain dari sirkuit Monaco adalah penggunaan jalan raya yang biasanya digunakan sebagai lintasan kendaraan umum maupun pribadi. Hal ini membuat setiap pembalap harus memiliki keterampilan yang tinggi saat menyalip lawan karena jalannya yang kecil dan sempit. 

Autodromo Monza (Italia)

Sirkuit Autodromo Monza diketahui memiliki tikungan paling banyak dibandingkan sirkuit-sirkuit lainnya di dunia, yakni 11 tikungan. Selain itu, sirkuit ini dikenal memiliki karakter lintasan yang lurus dan tikungan yang lebar. Kondisi ini membuat sirkuit Monza telah menelan banyak korban. 

Walaupun dikenal cukup menakutkan, sirkuit ini tetap dianggap terbaik karena menyuguhkan pemandangan Kota Milan yang cantik. Seperti yang telah diketahui, Milan merupakan kota terindah dan paling bersejarah di dunia. 

Circuit Gilles-Villeneuve (Kanada)

Jika sirkuit Monaco dianggap sebagai salah satu sirkuit yang mudah, sirkuit Gilles ini justru dikenal yang paling mudah. Sebagai satu-satunya sirkuit F1 di Kanada, sirkuit ini akhirnya menjadi kesayangan setiap warga disana.

Sirkuit Gilles sendiri berlokasi di St. Lawrence River, Montreal. Kota ini dikenal sebagai surga bagi para pecinta arsitektur karena memiliki lebih dari 50 situs sejarah nasional. 

Circuit de Spa-Francorchamps (Belgia)

Jika beberapa sirkuit sebelumnya berada di wilayah pantai dan perkotaan, sirkuit satu ini justru berada di daerah pedesaan. Sirkuit yang lebih sering disebut Spa ini berada di sebuah desa bernama Stavelot. 

Saat ini, Desa Stavelot telah mengalami pengembangan yang cukup pesat di sekitar Abbey of Stavelot. Namun, pengembangan tersebut tetap mempertahankan keindahan alam yang menjadi primadona sejak lama.

Silverstone (Inggris) 

Sirkuit yang berada Northamptonshire dan Buckinghamshire ini merupakan sirkuit dimana dilaksanakannya F1 pertama kali pada tahun 1950 lalu. Selain itu, sirkuit ini menjadi tempat utama dilaksanakannya F1 GP di negara Inggris.

Uniknya, sirkuit Silverstone awalnya merupakan sebuah stasiun yang sempat di bom. Setelahnya, stasiun tersebut resmi diubah menjadi sirkuit pada tahun 1948. 

Sumber : Suara.com

Penulis : Rossa Deninta

Jarang Diketahui, Ini Fakta Unik dari Tokoh Disney

Previous article

Skema Murur Berdampak Positif bagi Kesehatan Jamaah Haji

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News