LifestyleNews

5 Lagu Indonesia yang Ternyata Hasil Recycle

0
5 Lagu Indonesia Hasil Recycle

STARJOGJA.COM, Recycle lagu merupakan sebuah fenomena yang sudah tidak lagi asing di industri musik dunia, termasuk Indonesia. Saat ini, banyak sekali musisi yang marak memanfaatkan recycle untuk keperluan menghasilkan karya-karya baru.

Proses recycle sendiri tidak hanya dilakukan dengan menyanyikan kembali lagu-lagu lama saja. Tak sedikit musisi yang turut menambah instrumen dan sedikit mengubah aransemen pada lagu sebelumnya. Nah di Indonesia sendiri sudah banyak musisi yang melakukan recycle dan lagunya semakin populer, berikut diantaranya : 

Vidi Aldiano – Nuansa Bening

Lagu Vidi Aldiano yang satu ini sepertinya tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Terlebih, saat ini lagu Nuansa Bening kembali populer di platform Tik Tok. Walaupun begitu, perilisannya sendiri sudah sejak tahun 2008 lalu. 

Lagu Nuansa Bening sebenarnya pertama kali dibawakan oleh Keenan Nasution pada tahun 1978 silam. Lagu ini kemudian didaur ulang oleh Vidi dengan alasan jika Nuansa Bening merupakan lagu favorit kedua orang tuanya. 

Lyodra ft Andi Rianto – Sang Dewi

Sama-sama pernah populer di platform Tik Tok, lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi jebolan Indonesian Idol ini ternyata hasil recycle loh. Lagu Sang Dewi pertama kali dinyanyikan oleh diva kenamaan Indonesia yakni, Titi DJ pada tahun 2000-an.

Setelah berhasil dipopulerkan oleh Titi DJ, lagu ini akhirnya diinisiasi oleh Andi Rianto untuk didaur ulang. Lyodra dipilih untuk menyanyikan lagu ini karena dianggap Andi memiliki teknik vokal yang baik. 

Raisa – Mantan Terindah

Lagu yang banyak digemari oleh para remaja dewasa, khususnya para wanita ini merupakan lagu hits lainnya yang ternyata hasil dari recycle. Awalnya, lagu mantan terindah ini dinyanyikan oleh Kahitna pada tahun 2010.

Tiga tahun setelahnya, Raisa akhirnya memutuskan untuk mendaur ulang lagu ini dan memasukkannya pada album “Heart to Heart”.

Virzha – Aku Lelakimu

Lagu Aku Lelakimu diciptakan oleh Pongki Barata dan pertama kali dibawakan oleh Anang Hermansyah pada tahun 2003. Hampir satu dekade kemudian, lagu ini akhirnya di recycle oleh Virzha, tepatnya pada tahun 2015.

Keputusan Virzha untuk mendaur ulang lagu ini ternyata disambut baik oleh Pongki Barata Sendiri. Pongki menganggap jika lagu yang dibawakan oleh Virzha terdengar jauh lebih kekinian. 

Andien – Gemilang

Pada peluncuran album Kirana di tahun 2010, Andien memutuskan untuk mendaur ulang sebuah lagu lawas. Lagu tersebut adalah Gemilang milik Krakatau Band yang dirilis pada tahun 1986. 

Lagu Gemilang dibawakan Andien dengan tampak lebih halus dan anggun. Walaupun begitu, melalui lagu ini, Andien tetap tidak menghilangkan semangat dari lirik-lirik lagunya. 

Sumber : The Asian Parent

Penulis : Rossa Deninta

Timnas Indonesia di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Previous article

Berapa Peringkat Indonesia Untuk Kategori Stres di Tempat Kerja?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle