News

Tranformasi Telkom, Kembangkan Bisnis Data Center di Indonesia

0
transformasi telkom
Andri Herawan Sasoko VP Corporate Communication Telkom (bayu)

STARJOGJA.COM, Info – PT Telkom Indonesia Tbk terus melakukan tranformasi salah satunya pengembangan data center skala besar yang menjadi salah satu data center berkapasitas terbesar di Indonesia. Andri Herawan Sasoko VP Corporate Communication Telkom mengatakan potensi bisnis data center di Indonesia ini cukup besar.

“Pembangunan pengembangan data center yang skala besar, Hyperscale Data Center (HDC) ada di Cikarang, Singapura dan sedang dibangun di Batam. Selain tiga besar itu kita juga membangun data center kapasitas kecil jumlahnya sekitar lebih dari 30, di Jogja juga ada,” katanya di Yogyakarta Jumat (28/06/2024).

Andri mengatakan pengembangan data center skala kecil ini ada di beberapa daerah salah satunya di Yogyakarta. Menurutnya data center kapasitas kecil ini bertujuan untuk mendekatkan ke pelanggan dan mengurangi gangguan.

“Agar mengurangi latensi atau gangguan, sehingga diharapkan pelanggan di daerah baik pelanggan korporasi, govermen maupun industri menengah ke bawah terutama UMKM itu bisa memanfaatkan itu. Di level propinsi atau kabupaten kota itu sudah banyak jadi pelanggannya di data center itu,” katanya.

Menurutnya pengguna kebutuhan data center di beberapa daerah cukup tinggi terutama di kalangan pemerintahan. Terlebih di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki kebutuhan digital tinggi cukup tinggi.

“Sekarang semua digitalisasi pemda sendiri juga banyak hal. Semakin digital butuh ruang storage maka kalau bangun sendiri mahal maka data center ini menyiapkan storage itu,” katanya.

Andri melanjutkan selain di pemerintahan kebutuhan data center juga datang dari kampus. Terlebih di Yogyakarta yang memiliki lebih dari 100 kampus   maka kebutuhan data center sektor ini cukup tinggi.

“Universitas itu menyiapkan data base itu termasuk data center. Bisnis itu memang sedang berkembang ya telkom transformasinya itu,” katanya.

 

Baca juga : UNBK SMK DIY 2017 ,PLN-Telkom Siap Tidak Padam

Bayu

Kemenkes Tetap Melayani Haji Non Reguler

Previous article

PSSI Sebut Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas hingga 2027

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News