MusicNews

Sejarah Teater Musikal, Pertunjukan Seni Peran dengan Elemen Musik

0
Pertunjukan Teater Musikal

STARJOGJA.COM, Teater musikal merupakan sebuah pertunjukan seni yang di dalamnya memadupadankan elemen-elemen musik. Pertunjukan teater sendiri sudah hadir sejak lama sebagai hiburan pop pertama yang muncul di masyarakat. 

Kehadiran dari panggung teater musikal pertama yang ada di dunia adalah pertunjukan berjudul “Die Fledermaus” yang berarti “Kelelawar”. Pertunjukan ini berlangsung di Austria pada tahun 1874 silam. Pada pelaksanaannya, teater ini memfokuskan pada penampilan satir, lagu terkenal, dan tetap menghadirkan jalan cerita.

Keberhasilan dari Die Fledermaus ini akhirnya mengembangkan pertunjukan teater musikal di belahan dunia lainnya. Pada akhirnya, teater ini sampai di Amerika pada abad ke-20 dan lebih awam dengan istilah broadway.  Pertunjukan pertamanya yang populer di Amerika adalah “Show Boat” yang tayang pada tahun 1927. 

Selain itu, pentas seni dengan empat pilar teater musikal (lagu, dialog, akting, dan tarian) yang ada di Indonesia sendiri baru hadir di tahun 1970-an. Kehadirannya tidak terlepas dari peran penting Aktuil yakni, sebuah majalah musik asal Bandung yang dipimpin Remy Sylado. 

Kala itu, Remy merupakan dalang dari berdirinya produksi teater musik berjudul “Orexas” yang diketahui sebagai musikalisasi dari puisi-puisinya sendiri. Keputusan ini juga kemudian diikuti oleh penyanyi Harry Roesli dengan membuat sebuah album musikal bersama Didi Petet yang berjudul “Ken Arok : Rock Opera”. Selain itu, Guruh Soekarnoputra juga terlibat dalam produksi sebuah teater musikal di Indonesia. 

Walaupun pertunjukan teater jenis ini memiliki empat pilar pendukung, namun musik tetap menjadi peran utama yang menjadi poros dalam berjalannya sebuah plot atau cerita. Oleh karena itu, tak jarang pertunjukan teater musikal memerlukan kehadiran komposer untuk menciptakan musik dan libbertist untuk menciptakan lirik-lirik lagu. 

Saat ini, pertunjukan teater sudah semakin banyak digemari oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya gedung-gedung teater yang berdiri di berbagai negara seperti Sydney Opera House, Vienna State Opera, dan The Bolshoi Theatre. 

Keberadaan teater musikal di Indonesia sendiri sudah mulai beragam, mulai dari skala kecil maupun sedang. Terdapat rumah-rumah produksi teater seperti Teater Koma atau Jakarta Movin yang masih secara konsisten menampilkan pertunjukan teater yang luar biasa. 

Sumber : FWD Indonesia

Penulis : Rossa Deninta 

Harper Malioboro Yogyakarta Gelar Pelatihan First Aid untuk Tamu dan Karyawan

Previous article

DolanRia Prambanan: Festival Taman Bermain Warisan Budaya Pertama di Indonesia dengan Nussa dan BTN

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Music