LifestyleNews

Stuntman : Profesi Berbahaya dalam Produksi Film

0
Profesi Stuntman di Perfilman

STARJOGJA.COM, Kehadiran stuntman di industri perfilman sudah menjadi hal yang lumrah, khususnya pada film dengan unsur perkelahian atau laga di dalamnya. Walaupun begitu, kehadiran stuntman sendiri tidak muncul berbarengan dengan kelahiran industri perfilman dunia kala itu.

Menurut Guinness World Record, sosok stuntman pertama dalam sejarah adalah Frank Hanaway yang terlibat dalam film The Great Train Robbery (1903). Sejak kemunculannya, profesi pemeran pengganti akhirnya mulai berkembang dan diikuti oleh orang-orang yang handal dalam melakukan atraksi seperti mantan pemain sirkus, pengemudi mobil balap, koboi, dan lain sebagainya. 

Sosok pemeran pengganti bukanlah sembarang orang yang ikut dilibatkan dalam adegan berbahaya saja. Pasalnya, orang-orang ini harus tetap memenuhi standar seorang stuntman yang profesional, seperti kondisi fisik maupun mental yang sehat, memiliki kemampuan bela diri yang baik, dan keinginan belajar yang tinggi. 

Mereka juga diharuskan sudah terbiasa dalam berbagai macam situasi berbahaya, sebab profesi ini tentu memiliki risiko utama yang dapat mengancam nyawa seseorang. Beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh stuntman di dalam film adalah bertarung, balapan, melompat dari gedung-gedung tinggi, dan menggunakan senjata tajam. 

Kehadiran pemeran pengganti dalam produksi sebuah film juga tidak dipilih secara cuma-cuma. Akan ada pihak yang berprofesi sebagai stunt coordinator untuk menentukan dan mengkualifikasi orang-orang yang cocok menjadi stuntman. Pada saat syuting berlangsung, stunt coordinator juga berperan untuk mengarahkan koreografi pemeran pengganti ketika menjalankan adegan berbahaya. 

Walaupun dilakukan secara profesional dan menggunakan alat-alat keselamatan lainnya, beberapa kejadian naas tetap tidak dapat dihindari pada beberapa pemeran pengganti. Sepanjang tahun 2010 hingga 2019, sudah tercatat 53 insiden yang menimpa pemeran pengganti, dan 14 di antaranya meninggal dunia. Salah satu insidennya terjadi dalam film Deadpool dimana seorang stuntman harus meregang nyawa setelah mengalami kecelakaan motor. 

Namun, profesi pemeran pengganti ini tetap dilindungi atas hak dan kewajibannya dengan disediakannya jaminan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pemeran pengganti juga memiliki bayaran yang cukup tinggi. Mengutip penjelasan dari Job Monkey, stuntman biasanya memiliki penghasilan rata-rata 990 juta per tahun dan 70 juta per tahun bagi stuntman pemula.

Sumber : Kincir.com

Penulis : Rossa Deninta

Pelatih Timnas Turki Vincenzo Montella Sebut Masyarakat Turki Tetap Bangga

Previous article

Dakota Johnson dan Sean Penn Beradu Akting di Daddio

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle