News

Qwords dan Diskop UKM DIY Berkolaborasi Berikan Pelatihan Pembuatan Website dan Bootcamp Digital Marketing UMKM

0
Bootcamp Digital Marketing
Bootcamp Digital Marketing kolaborasi Qwords dan Diskop UKM DIY (FOTO : Istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Qwords dan Diskop UKM DIY berkolaborasi memberikan pelatihan Pembuatan Website dan Bootcamp Digital Marketing untuk membantu UMKM khususnya wilayah Jogja berkembang secara digital. Adapun tujuan dari program ini yaitu untuk mengenalkan kepada para UMKM bahwa penting untuk menerapkan konsep bisnis digital sejak dini untuk meningkatkan omset penjualan dan mengembangkan market audience.

Selain Qwords dan Diskop UKM DIY, terdapat beberapa pihak yang mendukung dalam program kolaborasi ini, yaitu PLUT Jogja, SiBakul Jogja, Teras Malioboro, Aspire, dan PANDI.

Pelatihan Pembuatan Website diselenggarakan setiap hari Rabu dan Kamis pukul 08.30-11.30 WIB di Ruang Sekar Jagad Dinas Koperasi UKM DIY dan Teras Malioboro sebanyak 10 batch yang dimulai sejak Mei hingga Juli 2024. Kelas ini dibimbing dan didampingi oleh beberapa pembicara yang ahli dalam bidang bisnis digital.

Peserta akan dikenalkan tentang website dan komponen pendukungnya, kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatan website masing-masing dengan pendampingan profesional dari tim Qwords. Setiap peserta akan diberikan fasilitas hosting gratis selama satu bulan dan domain gratis selama satu tahun.

Sedangkan Bootcamp Digital Marketing diselenggarakan selama tiga hari pada 11-13 Juli 2024 di Teras Malioboro. Materi yang akan diberikan juga beragam, mulai dari Copywriting, SEO, Meta Ads, Social Media, Business Development (termasuk penggunaan payment gateway), hingga Pemanfaatan Omnichannel untuk Marketing. Materi bootcamp akan disampaikan oleh para expert di bidang masing-masing dan melibatkan beberapa pembicara dari brand lain seperti PANDI dan Aspire.

Hanya peserta yang terpilih dari masing-masing batch pelatihan yang akan mendapatkan undangan untuk mengikuti Bootcamp Digital Marketing ini. Pihak Diskop UKM DIY dan Qwords akan melakukan filtering dari hasil penilaian peserta untuk mengikutsertakan UMKM potensial. Adapun output dari program Bootcamp ini nantinya para UMKM dapat membangun traf ic website bisnis dan mendapatkan pendampingan monitoring selama 6 bulan, sehingga para UMKM dapat merasakan manfaat dari pelatihan dan inkubasi yang dilakukan.

Program Pelatihan Pembuatan Website dan Bootcamp Digital Marketing diadakan secara gratis sehingga terbuka untuk para UMKM di berbagai bidang bisnis untuk mengikuti pelatihan dan menimba ilmu. Sebelum mengikuti kegiatan ini, peserta yang ingin mendaftar harus mengikuti beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pertama, UMKM yang mengikuti pelatihan diwajibkan berdomisili area Yogyakarta dan Kabupaten sekitarnya. Setiap peserta diwajibkan untuk mengisi formulir registrasi, membawa laptop pribadi, menyiapkan foto produk bisnis, dan mengikuti pelatihan ini hingga selesai.

Kegiatan bootcamp ini juga didukung oleh Kemenkop UKM RI yang di mana melihat program ini menjadi salah satu wadah yang baik untuk UMKM berkembang dan adaptasi dalam bisnis digital.

Laurentius Dwi Kurniawan, sebagai perwakilan dari Kemenkop UKM RI turut hadir dalam sesi konferensi pers untuk memberikan informasi serta data terkait potensi UMKM Jogja dan bisnis digitalisasi.

Selain kegiatan bootcamp yang diadakan secara gratis, para peserta mendapatkan benefit yang juga disediakan oleh pihak penyelenggara yaitu snack, konsumsi, merchandise spesial, doorprize, sertifikat dan integrasi Payment Gateway website bisnis. Selain itu, produk UMKM yang lolos Bootcamp juga turut ditampilkan saat sesi Konferensi Pers Media sebagai penampilan dan promosi produk lokal Jogja.

Qwords dan Diskop UKM DIY juga membuat sebuah wadah grup online untuk memudahkan monitoring dan konsultasi terkait perkembangan bisnis mereka. Output yang diharapkan Qwords dan Diskop UKM DIY dari program ini yaitu memberikan gambaran kepada peserta UMKM bahwa menerapkan konsep bisnis digital itu mudah dan murah.

Tidak hanya di Diskop UKM DIY, program pelatihan pembuatan website ini juga berpotensi untuk diselenggarakan dengan UMKM binaan lainnya yang berada di luar kota Yogyakarta, seperti Sleman, Kulon Progo, dan kabupaten lainnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Qwords, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT tentunya berharap bahwa pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para UMKM Jogja dan sekitarnya untuk mengembangkan bisnis mereka ke ranah internasional. Melalui pelatihan ini, Qwords melakukan program CSR kepada UMKM untuk terbiasa dalam implementasi konsep bisnis digital.

Mengenalkan produk lokal kepada pasar internasional menjadi sebuah komitmen Qwords dan Diskop UKM DIY dalam memajukan ekonomi Indonesia dalam bidang bisnis, melalui konsep digital.

 

Baca juga : Manfaatkan Digital Marketing Untuk Jualan Properti Anda

Bayu

Bantul Creative Expo 2024 Cara Pemkab Bantul Fasilitasi UMKM

Previous article

Runderful – Fortuna Run #3: Event Fun Run dengan Pelayanan ala Hotel

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News