NewsNusantara

Tokoh Adat Kecam Provokasi OPM, Warga di Puncak Jaya Diminta Tidak Terhasuti

0
KNPB

STARJOGJA.COM- PAPUA – Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Candra Kurniawan, menerangkan situasi terkini di Puncak Jaya, provinsi Papua Tengah pasca kerusuhan yang dipicu oleh provokasi tewasnya tiga anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurutnya, Operasi gabungan Satgas Yonif RK 753/AVT/Satgas Elang IV dan Satgas Mandala IV pada 16 Juli 2024 berhasil menindak tegas 3 orang anggota OPM di Kampung Karubate, Mulia, Puncak Jaya.

Dia menambahkan ketiga orang anggota OPM tersebut merupakan anggota dari Teranus Enumbi yang terkenal sadis dalam melancarkan teror dan kekerasan kepada masyarakat sipil serta aparat keamanan.

Letkol Chandra menegaskan aparat keamanan akan memperketat penjagaan di sekitaran lokasi untuk mengantisipasi adanya serangan susulan sekaligus melindungi masyarakat.

Dirinya menyampaikan, aparat TNI-Polri akan terus berupaya menjaga stabilitas wilayah dengan terus melindungi dan melayani masyarakat. Sekaligus penegakan hukum tetap ditegakkan, khususnya dari gangguan OPM.

Sementara itu, tokoh Adat Papua Herman Yoku mengecam rentetan aksi OPM yang selalu memprovokasi masyarakat dan memicu kerusuhan di sejumlah wilayah di Papua belakangan ini.

Herman menyebut OPM banyak melakukan pelanggaran HAM dengan membunuh Masyarakat sipil dengan dalil memperjuangkan Kemerdekaan Papua, padahal tidak semua orang papua ingin Merdeka.

Herman menilai bahwa OPM telah memperdaya masyarakat Papua untuk menyerang Pemerintah padahal masyarakat Papua cinta kedamaian. Dirinya pun mengimbau OPM untuk menyudahi semua aksi kekerasannya.

Lebih lanjut, Herman menyerukan kepada seluruh masyarakat di Papua untuk menjaga kondusivitas guna mewujudkan Papua yang aman dan maju.

Senada, Tokoh Pemudah Papua, Ali Kabiay mengutuk berbagai aksi kekerasan yang telah dilakukan OPM. Dirinya menilai aksi tersebut berdampak buruk bagi masyarakat Bumi Cenderawasih.

Karena itu, Ali mendukung penuh upaya aparat keamanan dalam menindak OPM agar kedamaian di Papua dapat terwujud.

Yahywa Titi Mangsa Merilis Poster Film Tak Kenal Maka Taaruf

Previous article

Pemadaman Listrik di Yogyakarta Hari Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News