Kota JogjaNews

QRIS Jelajah Indonesia Kampanyekan Digitalisasi Pembayaran

0
QRIS jelajah indonesia

STARJOGJA.COM,JOGJA – 60 peserta yang tergabung dalam 20 tim  mengikuti kompetisi QRIS Jelajah Indonesia di Yogyakarta. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KPwBI DIY) melepas kompetisi QRIS Jelajah Indonesia di Yogyakarta, yang diselenggarakan pada tanggal 20- 21 Juli 2024.

QRIS Jelajah Indonesia di Yogyakarta telah menarik minat besar dari masyarakat dengan total 295 peserta yang terdiri dari 81 tim dan 87 pendaftar individu. Para peserta telah melalui babak penyisihan yang dilaksanakan pada 10 Juli 2024, hingga terpilih menjadi 60 finalis yang berhak untuk mengikuti kompetisi QRIS Jelajah Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Ibrahim, menyampaikanKegiatan ini merupakan bagian dari upaya Bank Indonesia untuk memperluas akseptasi digital, inklusi keuangan dan kampanye inisiatif sistem pembayaran digital serta promosi destinasi wisata unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“QRIS Jelajah Indonesia yang mengusung tema Jelajah Indonesia Makin Praktis Pakai QRIS merupakan salah satu kampanye flagship Bank Indonesia dalam rangka memperkenalkan dan memperluas digitalisasi sistem pembayaran dengan metode yang kekinian,”jelasnya.

Program ini dikemas dalam bentuk kompetisi yang dilakukan secara serentak di 46 Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPwDN) Bank Indonesia dimana peserta akan melakukan berbagai misi dalam rangka kampanye inisiatif digitalisasi sistem pembayaran serta misi pembuatan konten digital kreatif.

Ibrahim juga mengatakan Kolaborasi antara Bank Indonesia dengan para generasi muda yang kreatif dan inovatif diharapkan dapat memperkuat ekosistem sistem pembayaran melalui perluasan akseptasi pembayaran digital.

“Digitalisasi penting dalam memperkuat sistem pembayaran dan inklusi keuangan guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,”lanjutnya.

Sekretaris Daerah DIY yang diwakili oleh Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY Ibu Yuna Pancawati, menyampaikan bahwa Pemda DIY mendukung penuh Kick Off QRIS Jelajah Indonesia – Yogyakarta 2024

“Ini adalah salah satu langkah nyata dalam mendorong digitalisasi pembayaran daerah khususnya dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah sehingga tercipta ekosistem ekonomi digital yang inklusif, aman, dan berkelanjutan,”jelasnya.

Gelaran QRIS Jelajah Indonesia di Yogyakarta diisi dengan berbagai misi menarik yang menggabungkan edukasi terkait sistem pembayaran digital melalui eksplorasi destinasi wisata unggulan di DIY. Misi-misi tersebut mencakup edukasi mengenai QRIS, BI-Fast, Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah, Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT), Elektronifikasi, dan Pelindungan Konsumen.

Dalam rangka mendukung promosi destinasi wisata DIY, KPwBI DIY berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata DIY melalui penggunaan aplikasi Visiting Jogja dalam penyelesaian misi pada QRIS Jelajah Indonesia Yogyakarta. Aplikasi ini merupakan portal informasi dan promosi destinasi wisata di DIY yang memudahkan wisatawan dalam melakukan pemesanan hingga pembayaran tiket destinasi wisata menggunakan QRIS.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan Launching “Jogja QRIStimewa” yang merupakan kampanye perluasan akseptasi pembayaran digital KPwBI DIY. Logo Jogja QRIStimewa yang diluncurkan pada acara tersebut merepresentasikan semangat kolaborasi antar stakeholder di DIY dalam menjadikan QRIS sebagai alat pembayaran yang istimewa bagi masyarakat Yogyakarta.

Logo ini menggabungkan elemen budaya dan sejarah Yogyakarta seperti Tugu Golong Gilig, motif batik nitik, serta motif ukiran kayu khas Jogja dengan simbol QRIS yang modern.

Semakin Keruh, Argentina Minta Maaf ke Perancis karena Ini

Previous article

Dinas Kebudayaan DIY Gelar Festival Upacara Adat 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja