FeatureKota JogjaNewsPendidikan

Kuliah? Ya di UJB Aja!

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kuliah? Ya di UJB Aja! Universitas Janabadra atau UJB merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai sebuah institusi pendidikan, UJB sudah hadir sejak tahun 1958 lalu. 

Jemmy Edwin B, S.Kom., M.Eng, Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik menyebutkan jika ide dari pembangunan Universitas Janabadra berasal dari walikota kedua Kota Yogyakarta, Soedarisman Poerwokoesoemo. Pada saat itu, beliau juga turut mengajak beberapa pejabat untuk ikut serta dalam pembangunan UJB. 

Ide pertamanya dari wali kota kedua Yogyakarta kemudian beliau mengajak para pejabat yang notabennya tidak hanya asli Jogja tapi juga luar Jogja. Melatarbelakangi hal tersebut, Janabadra itu dibentuklah budaya kebangsaannya, sehingga kita juga bisa menerima bukan hanya teman-teman yang dari Jogja juga, tapi dari semua”, jelas Jemmy kepada Star FM. 

Saat ini, Universitas Janabadra memiliki total empat fakultas dan sebelas program studi yang ditawarkan. Fakultas pertama yang didirikan merupakan Fakultas Hukum karena beberapa pendiri UJB sendiri merupakan petinggi di pengadilan negeri dan kejaksaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan dengan didirikannya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian. 

Tidak hanya program S1 yang ditawarkan, Universitas Janabadra juga memiliki tiga program studi dari tiga fakultas berbeda untuk program pascasarjana atau S2. Program studi tersebut diantaranya adalah Manajemen, Teknik Sipil, dan Hukum. 

Universitas Janabadra memiliki total tiga kampus yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni kampus utama di Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 55-57, kampus kedua di Jl. Timoho No. 40, dan kampus ketiga di Jl. Ranakartan No. 1, Gunung Gempal, Wates, Kulon Progo. Khusus kampus ketiga, pembelajaran yang ditawarkan hanya diperuntukan bagi para karyawan. 

“Sementara, di kampus ketiga baru ada fakultas Ekonomi dan Bisnis, disana perkuliahannya khusus karyawan. Kebetulan kita sendiri memang memiliki dua skema jadi ada kelas reguler dan kelas karyawan”, ungkap Nadia, S.E., M.M, Kabid Humas Universitas Janabadra

Universitas Janabadra juga menawarkan segenap fasilitas yang sangat lengkap dan mampu menunjang setiap aktivitas dari mahasiswanya. Fasilitas tersebut meliputi berbagai macam jenis laboratorium untuk mahasiswa teknik seperti lab perkerasan jalan, lab uji tekan, lab fenomena, dan lab energi terbarukan. Terdapat juga lab komputer, digital library, hingga wifi gratis di area kampus. 

Selain itu, universitas ini juga menawarkan fasilitas asrama yang dapat digunakan bagi mahasiswa baru. Walaupun berada di jalan kabupaten, asrama ini mampu menampung banyak mahasiswa karena terbilang sangat luas. 

“Kita juga punya asrama di jalan kabupaten, sangat besar karena memiliki 42 kamar kalau tidak salah, satu kamarnya bisa diisi lima orang. Asrama ini biasanya kita beri untuk mahasiswa yang baru masuk, terutama yang dari luar Jogja, kalau mereka belum punya kos kita kasih kesempatan”, jelas Jeremy. 

Sejak berdiri 65 tahun lalu, Universitas telah memiliki banyak sekali keunggulan. Pada tahun 2020 lalu, universitas ini mendapatkan kesempatan untuk menerima hibah kerjasama kurikulum. Selain itu, pada tahun 2022 kemarin juga berhasil mendapatkan dua anugrah diktiristek serta bronze winner dengan kategori pendidikan tinggi pelaksana terbaik PPKM. 

Walaupun termasuk kedalam universitas swasta, Universitas Janabadra sebenarnya memiliki biaya perkuliahan yang masih cukup terjangkau. Rata-rata UKT per semesternya sendiri adalah Rp 4.500.000. Terdapat juga berbagai jenis potongan bagi pelajar yang aktif mengikuti lomba, mulai dari 25% sampai 100%. Selain itu, terdapat potongan khusus bagi yang ingin mendaftar di program akuntansi.

“Kita juga ada potongan tridharma untuk teman-teman yang berminat masuk program studi akuntansi dan ekonomi pembangunan, kita sampai besok Jum’at ada potongan free dharma, bisa hemat sekitar tujuh juta”, tutur Nadia. 

Bagi calon pendaftar Universitas Janabadra, pelaksanaan PMB sendiri sudah dibuka sejak bulan November 2023 hingga Agustus 2024. Untuk menemukan informasi lebih lanjut, pendaftar dapat melihat website resmi di pmb.janabadra.ac.id. 

Penulis : Rossa Deninta

BPOM tidak menemukan unsur natrium dehidroasetat di Roti Aoka

Previous article

KPID Akan Memantau 102 Lembaga Penyiaran di DIY Selama Pilkada Serentak 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature