MusicNews

Mengenal Istilah Fansite dalam Dunia K-Pop

0
Fansite K-Pop

STARJOGJA.COM, Hadirnya budaya K-Pop memunculkan banyak istilah baru, salah satunya adalah fansite. Pada dasarnya, fansite masih menjadi bagian dari penggemar K-Pop yang sering kali aktif mengikuti setiap kegiatan sang idola. 

Secara harfiah, fansite terdiri dari dua kata dasar berupa fan yang artinya penggemar dan site yang artinya situs, maka fansite didefinisikan sebagai seorang fans atau penggemar yang memiliki situs website sendiri. Adapun isi konten di dalam situs tersebut umumnya merupakan sekumpulan foto hasil jepretan pribadinya dari idola-idola K-Pop yang sedang melangsungkan aktivitas tertentu. 

Uniknya, fansite ini tidak mengoleksi foto-foto biasa seperti penggemar pada umumnya. Mereka sendiri biasanya menggunakan kamera profesional dengan berbagai macam jenis lensa mahal yang dapat mendukung hasil dokumentasinya berkualitas tinggi. Tak hanya itu, mereka juga sudah memiliki kemampuan fotografi yang handal dan sudah setara dengan para fotografer profesional. 

Selama ini, fansite kerap dianggap sebagai salah satu kategori penggemar yang paling aktif dalam mengikuti setiap kegiatan para idola K-Pop. Pasalnya, mereka merupakan penggemar yang memang berasal dan tinggal di Korea Selatan. 

Hal tersebut membuat mereka memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk mengetahui dan mengikuti kegiatan sang idola seperti konser, fanmeeting, syuting variety show, bahkan hingga mengunjungi jadwal keberangkatan mereka di bandara. 

Fansite ini biasanya hanya mengambil foto atau dokumentasi dari anggota tertentu saja dalam sebuah grup K-Pop. Maka dari itu, mereka juga sering kali menggunakan nama-nama yang merepresentasikan atau berasosiasi dengan anggota tertentu saja. 

Atas kondisi tersebut juga fansite ini memiliki jumlah yang sangat banyak. Pasalnya, satu anggota grup saja dapat memiliki lebih dari tiga fansite. Oleh karena itu, dalam satu kegiatan sebuah grup idol K-Pop biasanya akan dikerumuni oleh banyak dari mereka yang membawa kamera profesionalnya masing-masing. 

Setiap foto-foto yang berhasil didapatkan oleh setiap fansite ini nantinya akan mereka publikasikan ke dalam situs pribadinya masing-masing. Foto tersebut biasanya juga digunakan oleh para penggemar di luar Korea Selatan sebagai bentuk informasi atas kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh sang idola. 

Tak jarang, foto-foto tersebut juga diperjualbelikan kepada para penggemar lainnya. Fansite umumnya menjualkan foto-foto hasil jepretannya dengan menggunakan format seperti photobook atau bahkan pameran. Tak tanggung-tanggung, harga yang dibandrol sendiri mampu berkisar dari angka Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. 

Hasil dari penjualan tersebutlah yang kemudian menjadi modal bagi mereka dalam melangsungkan aktivitasnya kembali. Pasalnya, untuk mengikuti kegiatan sang idola, mereka tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit karena harus membutuhkan berbagai macam pengeluaran seperti transportasi, makan, tiket masuk event, dan masih banyak lagi. 

 

 

Sumber : Kumparan

Penulis : Rossa Deninta

Asal-usul Tradisi Unik Upacara Saparan Bekakak

Previous article

Alap-Alap Jokowi Dukung Ahmad Luthfi Berlaga di Pilkada Jateng

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Music