NewsPendidikan

Kisah Asysyfa, Anak Buruh Perkebunan Jeruk Berhasil Jadi Mahasiswa FEB UGM

0
Kisah Inspiratif Asysyfa

STARJOGJA.COM, JOGJA – Masih teringat jelas di benak Elfa Harningsih (48) ketika dirinya harus berpidato di mimbar podium Graha Sabha Pramana (GSP) sebagai perwakilan orang tua mahasiswa baru UGM tahun 2024. 

Wanita asal Sumatera Barat ini merasa gugup dan tidak percaya dengan kesempatan yang diberikan. Elfa diketahui merupakan seorang ibu rumah tangga yang biasa membantu sang suami, Mardion (54) untuk bertani di perkebunan jeruk. 

“Berdiri di podium ini membuat kaki saya bergetar. Saya tidak menyangka akan menyampaikan pidato sambutan mewakili orang tua mahasiswa baru,” ucapnya terbata-bata, Senin (29/7) di acara Temu Orang Tua Mahasiswa Baru di GSP UGM. 

Elfa merupakan orang tua dari Asysyfa Maisarah (18) yang diterima di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM melalui jalur Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) atau tanpa tes.  

Asysyfa merupakan siswa berprestasi, sejak SMP hingga SMA ia selalu langganan juara kelas dan menjuarai berbagai lomba sehingga mendapatkan beasiswa pendidikan dan terbebas dari biaya sekolah. Lalu saat diterima di bangku kuliah pun ia berhasil mendapatkan beasiswa Uang Kuliah Tunggal Pendidikan Unggul bersubsidi 100% (UKT 0) sehingga tidak dipungut biaya pendidikan hingga selesai kuliah. 

“Awalnya tidak menyangka anak perempuan kami menyampaikan keinginan kuliah di UGM. Campur aduk perasaan saya waktu itu dan hanya mendoakan yang terbaik untuk Asysyfa,” ucapnya. 

Elfa mengaku senang, bangga, sekaligus bersyukur saat putrinya dinyatakan lolos masuk UGM. Perasaan bahagia sekaligus gundah menggelayuti pikiran Elfa. Kala itu Elfa dan suami khawatir tentang biaya kuliah Asysyfa yang tidak sedikit hingga lulus nantinya. Namun lagi-lagi kecemasannya itu langsung sirna ketika sang putri meyakinkannya bahwa semua ada jalannya asal terus berusaha. 

“Bundo tenang saja, pasti ada jalannya, ada beasiswa,” tuturnya menirukan perkataan putrinya kala itu.
Kecemasan akhirnya berganti dengan rasa penuh syukur tatkala ia mendapatkan kabar putri sulungnya mendapatkan beasiswa selama kuliah. Asysyfa dinyatakan menjadi salah satu penerima beasiswa UKT bersubsidi 100% dari FEB UGM. 

“Beasiswa ini sangat membantu kami yang hanya mengandalkan upah Rp 50.000 per hari sebagai buruh tani dan itu pun jika ada yang meminta untuk mengurus kebun,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada UGM yang telah memberikan beasiswa kepada putrinya. Melalui beasiswa ini, putrinya dan anak-anak dari keluarga kurang mampu lainnya mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di UGM.

“Terima kasih kepada UGM dan kami titipkan anak-anak untuk didik. Semoga apa yang menjadi impian kita dan anak-anak kita bisa tercapai,” harapnya.

Asysyfa merupakan salah satu sosok anak bangsa yang membuktikan bahwa keterbatasan ekonomi tak menghentikan langkahnya untuk memperoleh pendidikan terbaik bahkan hingga bangku perguruan tinggi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis sebagai bagian dari UGM memiliki komitmen kuat memberikan pendidikan berkualitas unggul dan terjangkau bagi masyarakat guna mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, merata, dan inklusif.

Menyentuh Hati, Idol K-Pop ini Tunjukan Bahasa Isyarat dalam Penampilannya

Previous article

Indonesia Juara AFF U-19, Pelatih Thailand Akui Ada Satu Kesalahan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News