Kab KulonprogoNews

Juli 2024, Kulon Progo Panen Sebanyak 6.715 Ton

0
Kulon Progo Panen
Kabupaten kulonprogo

STARJOGJA.COM, Info – Sebagai salah satu penyokong ketahanan pangan di Daerah Istimewa Yogyakarta Kulon Progo menghasilkan panen pada Juli 2024 kemarin sebanyak 6.715 ton di luas lahan 1.015 hektare. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Drajad Purbadi mengatakan luas panen 1.761 hektare tersebar di sebagian Wates, Panjatan, dan Pengasih.

“Produktivitas tanaman padi 66,16 kuintal gabah kering panen (gkp) per hektare. Kami berharap hasil panen ini dapat menjaga ketahanan pangan keluarga di wilayah panen pada khususnya, dan Kabupaten Kulon Progo pada umumnya,” kata Drajad.

Selain itu, lanjut Drajad, di wilayah Kulon Progo masih ada yang memasuki masa panen pada Agustus ini. Yakni sebagian Temon, Wates, Panjatan, Sentolo dan Pengasih.

Adapun luas panen padi pada Agustus ini seluas 1.761 hektare. Adapun prediksi produksi Agustus sekitar 11.650 ton dengan produktivitas 66,16 kuintal gkp per hektare.

“Kulon Progo setiap kapanewon berbeda-beda. Di Kulon Progo menerapkan pola tanam padi-padi-palawija yang disesuaikan dengan pola air jaringan irigasi,” katanya.

Drajad mengatakan dinas pertanian berupaya meningkatkan indeks pertanaman padi dengan dengan memfokuskan kegiatan pompanisasi supaya hasil panen maksimal.

Menurutnya, program pompanisasi jadi antisipasi menghadapi musim kemarau panjang. Programnya dilaksanakan dalam bentuk distribusi bantuan peralatan pompa air.

“Setidaknya sudah 30 unit pompa, 4 paket peralatan pompa serta 13 unit pompa ukuran kecil yang sudah disalurkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana dan Pengembangan Usaha Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulon Progo Wazan Mudzakir mengatakan sistem pompa yang diimplementasikan akan mengairi sawah-sawah yang saat ini hanya dapat ditanami satu kali setahun, meningkatkan indeks pertanaman menjadi dua atau bahkan tiga kali tanam dalam setahun.​​​​​​​

Wazan mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan percepatan pemasangan pompa di lahan-lahan tadah hujan di Pulau Jawa yang masih mengalami kekeringan akibat dampak El Nino yang berkepanjangan.

Lebih lanjut, Wazan berpesan agar kelompok tani mempergunakan, merawat dan menjaga pompa air yang diberikan.

​​​​​​​”Bantuan ini dapat membantu menjaga ketahanan pangan di Kulon Progo,” katanya

Sumber : Antara

Baca juga : Yuk Masak Udang Kulon Progo Mumpung Panen

Bayu

Emile Smith Rowe Tinggalkan Arsenal dengan Rp704 M

Previous article

Umar Nurmagomedov Ingin Bertarung dengan Merab

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *