Kota JogjaNews

Grebeg UMKM DIY 2024 Dukung Pengembangan UMKM

0
Grebeg UMKM DIY 2024

STARJOGJA.COM,JOGJA – Grebeg UMKM DIY 2024 Dukung Pengembangan UMKM. Kegiatan ini diinisasi oleh Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Pembukaan Grebeg UMKM DIY 2024 dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin.

Wapres menyebut kegiatan ini sebagai langkah nyata untuk peningkatan kapasitas UMKM di DIY. Kegiatan tersebut juga mencerminkan dukungan penuh terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/ Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI).

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang pemasaran produk, penjualan, dan pembiayaan produk UMKM. Tetapi juga menjadi sarana edukasi dan literasi ekonomi dan keuangan syariah yang lebih luas,” ujarnya

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Ibrahim mengatakan DIY memiliki potensi besar di sektor pariwisata, pendidikan, serta kekayaan budaya. Ketiga sektor tersebut merupakan modal dasar yang berharga untuk pengembangan UMKM DIY.

“Keberadaan destinasi wisata, produk budaya dan sejarah, serta banyaknya institusi pendidikan di DIY menjadi sumber daya dukung inovasi dan kreativitas UMKM,” katanya dalam pembukaan Grebeg UMKM DIY 2024 di Pakuwon mall Yogyakarta, Rabu (07/08/2024).

Terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif UMKM di DIY, utamanya fesyen, kerajinan, dan kuliner. Ketiganya mendominasi 70-80 persen dari total subsektor ekonomi kreatif.

Event showcase UMKM ini digelar dengan tema GUMATON atau digital, hijau, mendunia, sustainable, inovatif, dan inklusif.

Grebeg UMKM merupakan strategic flagship event yang dilaksanakan secara berkelanjutan selama 8 tahun terakhir. Sekaligus menjadi upaya untuk mendukung karya kreatif Indonesia.

Sebagai bentuk penguatan UMKM di DIY, event ini menghadirkan beragam kegiatan, termasuk business matching, pameran Grebeg UMKM, dan berbagai perlombaan lainnya.“Kolaborasi ini diharapkan dapat menghadirkan program yang inovatif dan tepat sasaran untuk mendukung pengembangan UMKM dan sektor pariwisata di DIY,” terangnya.

Star Insight Juli 2024

Previous article

PSSI Jelaskan Datangkan Asisten Pelatih Shin Tae-Yong

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja