News

Pemerintah Buka 60 Ribu Formasi ASN untuk di IKN

0
Hidup di IKN
Ilustrasi gedung pemerintahan di IKN Nusantara.

STARJOGJA.COM, Info – Bagi yang ingin mengabdi ke negara dan memberikan kemampuan terbaiknya maka bisa mengikuti lowongan dari pemerintah. Sebab, melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) nantinya akan membutuhkan 60 ribu orang untuk formasi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami di bulan Agustus ini akan membuka lowongan, membuka pengumuman calon ASN dari total 600 ribu, ada 60 ribu formasi untuk IKN,” kata Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas di IKN, Senin.

Ia mengatakan proses seleksi tersebut dibuka untuk kebutuhan talenta digital dan multitasking yang akan diseleksi secara ketat.

Atas saran Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Azwar Anas, rekrutmen calon ASN untuk kebutuhan IKN akan memprioritaskan para pendaftar yang berdomisili di Kalimantan.

“Jika nanti ada 4 juta pendaftar dari total 600 ribu itu, kalau misalnya di Kalimantan yang daftar ada 100 ribu, putra-putri Kalimantan tidak bersaing dengan 4 juta tadi, tapi bersaing dengan yang 100 ribu di Kalimantan,” katanya.

Kebijakan itu sebagai bentuk afirmasi pemerintah terhadap putra-putri Kalimantan terbaik, kata Azwar Anas.

“Sehingga dengan demikian nanti akan ada afirmasi 5 persen putra-putri terbaik Kalimantan nanti akan bisa masuk ke IKN,” katanya.

Berdasarkan arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kata Azwar, IKN akan dibentuk menjadi Pemerintah Daerah Khusus sehingga para ASN di sekitar kawasan penyangga ibu kota IKN akan berbondong-bondong untuk pindah kerja.

“Maka kemarin di rapat terbatas diputuskan akan ada syarat-syarat terbuka bagi pemindahan, karena syarat untuk berkantor di sini harus punya kemampuan digital dan juga sistem pemerintah berbasis elektronik akan dikerjakan,” katanya.

 

Sumber : Antara

Baca juga : Ada 40.839 Formasi ASN Kemensos di Tahun 2024

Bayu

Presiden Memimpin Sidang Perdana di Istana Garuda IKN

Previous article

PSIM Yogyakarta Pinjam Dua Pemain Muda Persija

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News