News

Prodi Humas UPNVY Ciptakan Orientasi Berkesan, Mahasiswa Baru Siap Jadi Generasi Unggul

0
UPNVY
prodi humas UPNVY (panitia Proday)

STARJOGJA.COM, Info – Program Studi Hubungan Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar PRODay (Public Relations Orientation Day) 2024 di Kampus II UPN “Veteran” Yogyakarta pada Rabu (14/08/2024). Total 216 mahasiswa baru Program Studi Humas mengikuti acara orientasi studi dan pengenalan kampus.

Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM HUMAS) yang menginisiasi kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) setiap tahunnya. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya untuk mengenal budaya Program Studi Humas.

Tema PRODay “Futuristic Metaverse” harapannya dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mengeksplorasi komunikasi praktisi Public Relations dalam dunia virtual. Esensi dari acara ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman bagi mahasiswa baru untuk memahami dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta tren komunikasi di masa depan.

Ketua Prodi Humas, Ibu Dra. Siti Fatonah, M.Si., dalam sambutannya, menyampaikan, “Proficiat kepada mahasiswa baru angkatan 2024, saya sangat bangga karena peminat Prodi Humas semakin meningkat setiap tahunnya. Mahasiswa baru sekalian dapat memanfaatkan fasilitas kampus seperti laboratorium radio, laboratorium foto, dan laboratorium PR untuk menunjang studinya. Saya berharap para mahasiswa baru nantinya memperoleh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi dan menjadi lulusan yang unggul serta dapat bersaing di bidangnya.”

PRODay 2024 menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan ahli di bidang tertentu untuk memaparkan materi orientasi kepada mahasiswa baru. Tampil sebagai pemateri internal, Virginia Ayu Sagita S.Sos.,M.I.Kom, yang merupakan dosen Prodi Humas.

Virginia menyampaikan materi pengenalan mengenai profesi PR.

“PR merupakan kegiatan komunikasi strategis untuk membangun citra positif suatu organisasi atau produk di mata publik melalui metode seperti siaran pers, media sosial, dan kolaborasi dengan media. Seorang praktisi PR penting untuk menguasai kemampuan verbal melalui public speaking serta didukung dengan etika dan sopan santun sebagai bahasa nonverbal,” tuturnya.

Pembicara utama yaitu Azmi Oktansyah, yang merupakan Marketing Communication Berlima Digital Agency. Azmi memberikan motivasi dan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai peran Humas sebagai jembatan antara perusahaan dan stakeholders dan pentingnya media sosial bagi seorang praktisi Humas di era digital.

“Peran Praktisi Humas di era digital sungguh terlihat dalam pengelolaan media sosial perusahaan. Sejak awal, kalian dapat belajar membentuk personal branding yang positif dimulai diri kalian dengan konsep IKIGAI yaitu mengenali passion, keterampilan dan potensi diri serta misi hidup kalian. Melalui konsep ini, kalian bisa mengenal potensi diri dan berkontribusi pada apa yang dibutuhkan masyarakat sehingga tercipta keseimbangan dan hubungan yang harmonis,” katanya.

Acara PRODay juga dimeriahkan dengan parade sejumlah Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Jurusan Ilmu Komunikasi yang meliputi berbagai bidang minat dan bakat mahasiswa. Seperti Lembaga Pers Mahasiswa Sikap, Crast FM, Avikom, dan Fotkom.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata kepada narasumber dan foto bersama peserta terbaik.

Salah satu peserta terbaik terpilih PRODay, Ciquita Fadila, merasa terkesan dan menyampaikan pendapatnya, “Jujur, aku excited dan seneng banget karena awalnya aku sedikit underestimate, tapi setelah aku merasakan orientasi Prodi Humas, aku merasa kalau ternyata kegiatannya seru dan aku bangga menjadi keluarga besar Prodi Humas.”

Selama PRODay berlangsung, para mahasiswa baru terlihat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara dan menunjukkan semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu di program studi humas. Suasana kegiatan orientasi pengenalan kampus ini pun menjadi menarik dan menyenangkan.

Penulis : Antonia Nismara

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Sampah, Mahasiswa Humas UPNVY Lakukan Aksi Bersih-Bersih Alkid

Bayu

Suasana Haru Keluarga Marchia Kuliah di FEB UGM

Previous article

Trailer The Lord of the Rings: The Rings of Power Dirilis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News