Flash InfoLifestyleNews

Film Perjuangan, Cocok Ditonton di Hari Kemerdekaan

0
film kemerdekaan

STARJOGJA.COM.MOVIE – Banyak cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah dengan menonton film tentang kemerdekaan dan perjuangan.

Tak hanya untuk mengenang para tokoh saja, lewat menonton film perjuangan juga untuk mengenal sejarah lebih dalam lagi.

Dilansir dari Letterboxd, berikut deretan film perjuangan untuk menemani hari libur kemerdekaan Anda:

1. Merah Putih (2009)

Film karya Yadi Sugandi ini berfokus pada kisah empat kadet di suatu sekolah militer. Sayangnya, kehidupan mereka harus berubah setelah Belanda secara tiba-tiba menyerang markas mereka dan menghabisi para kadet lainnya. Serangan tersebut hanya menyisakan beberapa kadet saja, seperti Amir (Lukman Sardi), Thomas (Donny Alamsyah), Marius (Darius Sinathrya), dan Dayan (Teuku Rifnu Wikana).

Tak hanya soal perjuangan, film ini juga memperlihatkan persahabatan dan persaingan di antara mereka. Kisah para kadet tersebut juga berlanjut dalam film sekuelnya, yaitu Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011).

2. Soekarno (2013)

Film ini bercerita tentang Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno–sebagaimana judulnya. Namun, karena Soekarno merupakan tokoh kemerdekaan Indonesia, film ini juga mengisahkan tentang perjuangan Republik Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini menggandeng sejumlah nama besar, seperti Ario Bayu, Lukman Sardi, Tika Bravani, Maudy Koesnaedi, dan masih banyak lagi.

3. Soegija (2012)

Film garapan Garin Nugroho ini mengikuti kisah dari uskup pribumi pertama, Albertus Soegijapranata. “Soegija” juga menggarisbawahi mulai dari pelantikannya, hingga berakhirnya perang kemerdekaan Indonesia.

Film ini diperankan oleh Nirwan Dewanto, Annisa Hertami, Wouter Zweers, dan masih banyak lagi. Dengan durasi kurang lebih 1 jam 50 menit, “Soegija” menghadirkan cerita yang menarik dan sinematografi yang indah.

4. Jenderal Soedirman (2015)

Dalam film ini, Adipati Dolken akan memperlihatkan Anda perjuangan penuh darah dan keringat dari seorang Jenderal Soedirman. Di bawah arahan Viva Westi sebagai sutradara, “Jenderal Soedirman” akan memberikan Anda gambaran perang gerilya yang dahulu dilakukan sang jenderal untuk melawan Belanda.

Film ini berlatar saat Indonesia sudah merdeka, di mana Jenderal Soedirman harus mempertahankannya saat Belanda melakukan Agresi Militer II untuk menyerang Yogyakarta.

5. Kadet 1947 (2021)

Beralih ke udara, kali ini ada film “Kadet 1947” yang mengisahkan tentang perjuangan para kadet penerbang untuk mempertahankan pangkalan udara mereka. Sekelompok kadet tak berpengalaman itu harus berjuang untuk memenangkan perang revolusioner dan melindungi orang-orang yang mereka sayangi.

Film yang disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia ini juga berlatar setelah Indonesia merdeka, lebih tepatnya ketika Belanda melancarkan agresi militernya.

Green Day Siap Gelar Konser Tunggal di Jakarta

Previous article

Ini Tradisi Unik 17 Agustus-an di berbagai daerah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info