News

Upacara Unik Peringatan HUT RI di Indonesia

0
upacara unik

STARJOGJA.COM,INFO – Upacara Peringatan HUT Republik Indonesia tak hanya berjalan di kantor, sekolah ataupun lapangan di pusat kota. Namun ada juga peringatan yang figelar di sejumlah tempat yang unik.

Berikut ini adalah beberapa upacara HUT RI yang unik dari berbagai daerah di Indonesia

1. Upacara di Puncak Gunung Bromo

Upacara ini rutin dilakukan setiap tahun sejak awal tahun 2000-an. Dilaksanakan oleh komunitas pecinta alam dan warga sekitar. Upacara ini dilakukan pada ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut.

Setelah upacara, peserta biasanya melakukan penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

2. Upacara Bawah Laut di Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Upacara ini dilakukan di bawah laut yang dimulai sejak tahun 2009.Dengan peserta menggunakan peralatan selam lengkap.

Tugu bendera dipasang di dasar laut, dan para penyelam mengibarkan bendera merah putih.Upacara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian laut dan menjadi daya tarik wisata.

3. Upacara di Perbatasan RI-Papua Nugini, Merauke
Dilakukan rutin sejak tahun 1990-an, berlangsung di titik perbatasan RI-Papua Nugini.

Upacara ini melibatkan personel TNI, warga lokal, serta masyarakat dari Papua Nugini. Upacara HUT RI ini mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa meski berada di wilayah perbatasan.

4. Upacara di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua

Upacara HUT RI di pegunungan Jaya Wijaya pertama kali dilakukan pada tahun 1995. Upacara ini diadakan di salah satu puncak tertinggi di Indonesia, Puncak Carstensz.

Para peserta harus mendaki untuk mencapai lokasi upacara. Dengan latar belakang salju abadi, upacara ini menjadi simbol perjuangan dan semangat para pahlawan.

5. Upacara di Gua Jepang, Biak, Papua

Dimulai sejak 2015, gua ini memiliki sejarah kelam sebagai tempat perlindungan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II.

Upacara dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan refleksi sejarah. Gua yang gelap dan dingin menambah khidmat suasana upacara.

6. Upacara di Danau Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat

Dimulai pada tahun 2010, upacara ini unik karena dilakukan di atas rakit bambu yang mengapung di danau. Selain melestarikan tradisi, upacara ini juga mempromosikan potensi wisata Situ Bagendit.

Ini Tradisi Unik 17 Agustus-an di berbagai daerah

Previous article

Ini 6 Profil Pahlawan Nasional Terbaru 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News