Kab SlemanNews

Layanan Pandawa Mudahkan Akses Peserta BPJS Kesehatan

0
Pandawa BPJS Kesehatan

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Layanan Pandawa Mudahkan Akses Peserta BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berinovasi untuk memudahkan peserta untuk mengakses layanan jaminan kesehatan yang menjadi hak peserta. Mereka tidak harus datang ke kantor untuk mengakses sejumlah layanan. Inovasi layanan tersedia dalam berbagai kanal.

Afif Dwi Pasana, Koordinator Frontline BPJS Kesehatan Sleman mengatakan lewat layanan itu peserta jaminan kesehatan tidak harus datang ke kantor untuk mendapatkan informasi dan layanan yang diberikan.

“Ada 2 model layanan bagi peserta, yaitu tatap muka dan non tatap muka (online). Untuk layanan online bisa diakses lewat mobile JKN,WA pandawa dan care center 165. Bisa juga lewat webiste bpjs kesehatan,” jelasnya.

Sementara untuk metode tatap muka, masyarakat bisa datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan, layanan BPJKS Kesehatan keliling atau bisa ke mall pelayanan publik yang ada di daerah layanan.

Ikha Nur Diniawati, Staf Edukasi dan Penanganan Pengaduan BPJS Kesehatan Sleman menjelaskan untuk layanan PANDAWA saat ini mencakup layanan administrasi seperti pendaftaran baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan/perbaikan data, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi TNI/POLRI dan pindah domisili kurang dari 3 bulan

“Layanan PANDAWA saat ini lebih luas lagi cakupannya. Biasanya masyarakat kalau ingin mendapatkan layanan informasi melalui CHIKA, namun masih banyak juga peserta yang datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya sekedar untuk cek status kepesertaan atau cek tagihan iuran. Jadi sekarang peserta tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup Whatsapp melalui PANDAWA dan bisa diakses di mana saja,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Layanan administrasi, informasi dan pengaduan melalui satu nomor Whatsapp PANDAWA pada nomor 08118165165.

“Layanan PANDAWA terintegrasi melayani peserta JKN secara borderless (tanpa batas), sehingga proses pelayanan administrasi dapat dilakukan oleh masyarakat di seluruh Indonesia, tidak bergantung pada domisili peserta saat ini,” ungkapnya.

Ikha juga menekankan Pentingnya untuk memeriksa status kepesertaan BPJS Kesehatan secara berkala. Ini penting untuk memastikan bahwa keanggotaan masih aktif dan untuk memanfaatkan manfaat program. Status kepesertaan bisa berubah menjadi tidak aktif jika terjadi keterlambatan pembayaran

“Cek status kepesertaan secara berkala lewat kanal-kanal layanan yang sudah tersedia,” ajak Ikha.

Menang Lawan India, Timnas U-17 Indonesia Masih Banyak Kekurangan

Previous article

Potensi Gen Z dalam Dunia Kerja di DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman