FeaturedNews

Tranformasi BUMN Semangat Baru Indonesia Maju

0
Transformasi BUMN
Transformasi BUMN Telkom dalam Talkshow Kemerdekaan RI bertema Semangat Baru Indonesia Maju(star)

STARJOGJA.COM, Info – Transformasi yang dilakukan BUMN menjadi kunci penting dalam pengembangan bisnis dan sangat relevan hingga masa kini dan masa depan. Hal ini mencuat dalam Talkshow Kemerdekaan RI bertema Semangat Baru Indonesia Maju melalui live streaming Youtube Harian Jogja dan Star FM pada Rabu (28/8/2024).

Salah satu tranformasi yang dilakukan BUMN adalah Telkom Indonesia adalah strategi bisnis Five Bold Moves (5BM) yang terdiri dari Fixed Mobile Convergence (FMC), InfraCo, Data Center Co, Business-to-Business (B2B) Digital IT Service Co dan DigiCo.

GM Telkom Witel Yogya Jateng Selatan Agus Faisal mengatakan Telkom bertranformasi sejak tahun lalu dengan lima gerakan transformasi yang tertuang dalam Five Bold Moves (5BM). Melalui perubahan strategi yang dilakukan oleh Telkom Indonesia menjadi bukti nyata bahwa transformasi yang dijalankan berada pada jalur yang benar dan dapat memberikan hasil yang optimal.

“Kami secara korporasi memiliki langkah berani dan strategik sesuai kebutuhan bisnis. Bisnis kan follow market makanya strateginya harus menyesuaikan,” katanya saat mengikuti Talkshow Kemerdekaan RI bertema Semangat Baru Indonesia Maju melalui live streaming Youtube Harian Jogja dan Star FM pada Rabu (28/8/2024).

Faisal mencontohkan salah satu strategi seperti FMC mulai tahun lalu. FMC diterapkan dengan menggabungkan IndiHome ke Telkomsel agar nantinya layanan fixed dan mobile broadband ini berada dalam satu entitas untuk memberikan layanan broadband terbaik dengan biaya yang efisien.

“Dulu IndiHome dikelola Telkom, saat ini digabung dengan Telkomsel. Itu bagian dari strategi Five Bold Moves,” terangnya.

Hal yang sama dilakukan BUMN lainnya yaitu PT. Pos Indonesia (PosIND) yang melakukan transformasi dalam pengembangkan bisnisnya. Eksekutif General Manajer PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Pos Yogyakarta Sujatmiko mengatakan PT Pos Indonesia melakukan transformasi dengan mengubah logo dan warna korporasi. Kata Pos merujuk pada Pos Indonesia sementara kata IND kepanjangan dari integrited national distribution.

Terbaru, Pos Indonesia saat ini mengembangkan perguruan tinggi yakni Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Termasuk membangun sejumlah yayasan yang mengelola tenaga outsourcing, sewa kendaraan dan sebagainya.

“Integrited itu kolaborasi dan national distribution- nya artinya Pos Indonesia ingin melayani masyarakat dalam hal pendistribusian nusantara dan internasional,” katanya.

PLN BUMN lainnya juga melakukan transformasi untuk menyongsong Indonesia masa depan dan kemandirian energi yang melanjutkan ke transformasi 2.0. Manager PLN UP3 Yogyakarta Pundhi Nugroho Jati mengatakan bahwa PLN ingin menjadi Global Top 500 World Class Company atau masuk dalam 500 perusahaan dunia dan menjadi perusahaan yang memiliki solusi energi. Mimpi tersebut akan dicapai melalui growth moonshot.

“Salah satu moonshot adalah PLN harus mampu membangun ekosistem EV atau kendaraan listrik. Kami memiliki kemampuan soal itu,” katanya.

PT KAI juga tidak luput dari langkah transformasi dalam bisnisnya. Kereta api juga menjadi moda transportasi yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan KAI yang sekarang sangat berbeda dengan KAI yang dahulu.

“Bisa dibanyangkan dulu naik kereta ada yang lewat jendela dan sebagainya. Mengerikan. Jangan lagi seperti itu. Namun mulai 2009 KAI melakukan perubahan,” katanya.

Baca juga : Telkom Indonesia Unggulkan Five Bold Moves

Bayu

Telkom Indonesia Unggulkan Five Bold Moves

Previous article

Cerita Seniman di Asana Bina Seni 2024 “Golong Gilig Sawit: Gayeng Ngrumat Bumi”

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Featured