FeatureKab KulonprogoNews

Capaian Kepesertaan BPJS Kesehatan di Kulonprogo Dekati Sempurna

0
kepesertaan BPJS Kesehatan

STARJOGJA.COM,JOGJA – Capaian kepesertaan BPJS Kesehatan di Kulonprogo mendekati sempurna. Masyarakat pun didorong untuk menggunakan aplikasi mobile JKN untuk kemudahan akses layanan kesehatan yang dibutuhkan.

Tofik, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Kulonprogo mengatakan kepesertaan BPJS Kesehatan di wilayahnya mencapai 99.10 persen.Pihaknya terus berupaya untuk mengejar capaian yang tinggal 0,9 persen tersebut agar menjadi 100 persen kepesertaaan.

” Jangan sampai baru sadar kita membutuhkan layanan JKN saat tertimpa musibah. Untuk yang belum mendaftar bisa langsung mendaftarkan diri lewat berbagai kanal pendaftaran,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan agar para peserta tidak lupa untuk membayar iuran tiap bulannya. Tofik pun menyarankan peserta untuk menggunakan layanan Autodebet BPJS Kesehatan. Layanan ini memungkinkan peserta untuk membayar iuran bulanan secara otomatis.
“Dengan layanan ini, peserta tidak perlu khawatir lupa atau terlambat membayar iuran bulanan,” lanjutnya.

Etha Prashilia, Staff Kepesertaan BPJS Kesehatan Kulonprogo mengatakan untuk mengakses layanan BPJS kesehatan, masyarakat bisa menggunakan Nomor WhatsApp Pandawa BPJS Kesehatan 0811-8165-165. Pandawa melayani peserta JKN-KIS secara borderless (tanpa batas), sehingga proses layanan peserta bisa dilakukan diseluruh Indonesia. Jam operasional Pandawa adalah setiap hari kerja (Senin – Jum’at) pukul 08.00 – 15.00 waktu setempat.

Pandawa saat ini mencakup layanan administrasi seperti pendaftaran baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan/perbaikan data, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) bagi TNI/POLRI dan pindah domisili kurang dari 3 bulan

“Selain Pandawa, kanal layanan administrasi BPJS Kesehatan lainnya adalah Aplikasi Mobile JKN dan Care Center 165,” jelasnya.

Menjawab pertanyaan dari Star Lovers terkait pergantian kartu BPJS Kesehatan, Tofil menyebutkan saat ini layanan bisa dinikmati tanpa menggunakan kartu. Peserta cukup menunjukkan KTPnya saja.

” Tidak usah pakai kartu bisa pakai KTP. karena sudah kerjasama dengan dukcapil, datanya bisa digunakan. atau bisa pakai mobile jkn. ada kartu digital di dalam aplikasinya,” terangnya.

Ia juga menekankan Pentingnya untuk memeriksa status kepesertaan BPJS Kesehatan secara berkala. Ini penting untuk memastikan bahwa keanggotaan masih aktif dan untuk memanfaatkan manfaat program. Status kepesertaan bisa berubah menjadi tidak aktif jika terjadi keterlambatan pembayaran

Karyawan Australia Kini Berhak Abaikan Panggilan Kantor di Luar Jam Kerja

Previous article

Mengenal Wayang Topeng Duwet Sebagai Warisan Budaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature