HealthLifestyle

Susu Ikan, Alternatif Menu bagi Anak yang Tidak Suka Daging Ikan

0
Susu Ikan
Susu Ikan (antara)

STARJOGJA.COM, Info – Susu Ikan yang beberapa waktu terakhir sering disebut ternyata dapat menjadi alternatif bagi anak yang tidak suka daging ikan utuh. Guru Besar Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar Agussalim Bukhari mengatakan ekstrak ikan untuk produk susu ini merupakan sumber protein untuk anak.

“Perubahan bentuk produk ini adalah hal lama, bagaimana mengubah produk dari bentuk naturalnya kurang disukai misal ikan karena amis yang menjadi kendala, itu diubah jadi produk lain bentuk serbuk, diseduh, jadi susu, lebih tepatnya sari ikan,” kata Prof. Agus dalam diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, sari ikan yang diproduksi menjadi olahan susu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rasa amis ikan yang kadang tidak disukai anak. Selain itu, ikan juga banyak ditemukan di perairan baik tawar maupun laut sehingga bahan baku mudah di dapatkan.

Agus mengatakan semua jenis ikan juga bisa dijadikan ekstrak ikan berbentuk susu bubuk, seperti ikan gabus dan lele dengan kandungan albumin tinggi, serta salmon dan ikan teri dengan kandungan omega 3 tinggi dan lemak baik

Ketua Komite Advokasi Percepatan Penurunan Stunting Kesehatan Ibu dan Anak dan SDG’s PB IDI ini mengatakan baik susu sapi maupun susu ikan sama-sama memiliki kandungan protein yang baik, namun ada keunggulan ikan yang tidak banyak ada pada susu sapi yakni kandungan omega-3 yang baik untuk pertumbuhan otak dan kesehatan jantung.

Susu ikan, lanjut Agus, juga rendah laktosa sehingga aman untuk anak yang intoleran laktosa pada susu sapi atau sering disebut alergi susu sapi.

“Satu keunggulan kalau dari ikan semua orang sudah tahu bahwa mengandung omega 3, itu keunggulannya dari ikan apalagi buat susu, omega 3 juga bagus untuk penyakit kanker, bagus buat jantung, perkembangan otak dan tentunya anti inflamasi,” jelasnya.

Agus menjelaskan proses pembuatan ekstrak ikan menjadi susu juga bisa mengurangi kandungan gizi dari ikan itu sendiri sebanyak 50 persen karena ada proses pemanasan jika diolah menjadi susu pasteurisasi. Maka itu meskipun susu ikan mengandung protein, vitamin dan mineral, namun tidak cukup hanya dari satu sumber saja, harus ditambahkan dengan konsumsi sayur dan buah untuk mencukupinya.

Dalam proses pembuatannya susu ekstrak ikan ini juga perlu ditambahkan vitamin dan mineral yang hilang yang disebut fortifikasi.

“Susu sapi juga sekarang ada yang omega 3 tinggi karena ditambahkan, karena teknologi farmasi sekarang sudah canggih, tidak ada masalah yang kurang bisa ditambahkan bahkan yang berbahaya bisa dieliminasi,” katanya.

Ia menambahkan jika di tempat tinggal masih banyak tersedia ikan, maka masih lebih baik mengonsumsi daging ikan segar karena protein, vitamin dan mineralnya masih utuh. Susu ikan bisa dijadikan alternatif untuk yang sulit mendapatkan akses daging ikan dan pilihan lain dari susu sapi yang relatif lebih mahal.

Sumber : Antara

Baca juga : Pemkab Gunungkidul Susun Perda Menghentikan Brandu

Bayu

PON XXI, Satu Emas untuk DIY dari Taekwondo Putera

Previous article

Resmi, Ini Dia Klub Baru Thom Haye

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health