Kab BantulNews

Sarana Komunikasi antara Warga dan Pemerintah, Pemkab Resmikan Askari

0

STARJOGJA.COM, Info – Memudahkan komunikasi antara masyarakat atau warga dengan pemerintah, Pemkab Bantul meluncurkan Aplikasi Smart Kelurahan Ringinharjo (Askari). Camat Bantul Kusmardiono mewakili Pemkab Bantul pada peluncuran aplikasi mengatakan aplikasi ini menghubungkan warga dengan pemerintahan desa tersebut.

“Aplikasi ini diperuntukkan bagi masyarakat sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan pemerintah kelurahan, sehingga jarak antara masyarakat dengan pemerintah bisa lebih dekat lagi,” kata itu di Lapangan Ringinharjo, Bantul, Minggu.

Menurut dia, melalui aplikasi yang diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kelurahan ke-78 Ringinharjo tersebut nantinya masyarakat bisa memberikan penilaian, kritik, saran, usulan dan masukan apapun melalui aplikasi yang dikelola admin di kelurahan.

“Dan seterusnya yang akan menjadi pertimbangan dalam rangka Pemerintah Kelurahan mengambil kebijakan di dalam rangka lebih memajukan pembangunan Ringinharjo,” katanya.

Dia berharap aplikasi tersebut bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain di wilayah Kabupaten Bantul, untuk mendukung program pembangunan di Bantul melalui kelurahan.

“Harapan kami hal yang serupa senada bisa direplikasi di pemerintah kelurahan yang lain, sehingga ini pun menjadi suatu yang baik untuk masyarakat banyak,” katanya.

Sementara itu, kegiatan peluncuran aplikasi tersebut dirangkai dengan Senam Massal bersama warga Kelurahan Ringinharjo dan Bazar UMKM dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kelurahan ke-78 dengan melibatkan masyarakat dan pelaku ekonomi kreatif Ringinharjo.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Ringinharjo, utamanya dalam menggerakkan dan mengolahragakan masyarakat, karena hari ini kita bersama mengikuti kegiatan senam massal,” kata Camat Bantul.

Sementara itu, Lurah atau Kepala Desa Ringinharjo Sulistyo Atmaji mengatakan, Aplikasi Smart Kelurahan Ringinharjo memuat beberapa potensi desa baik setingkat rukun tetangga (RT), pedukuhan maupun seluruh wilayah yang ada di kelurahan Ringinharjo.

“Keunggulan aplikasi ini pemberdayaan di tingkat pedukuhan, selama ini kita terputus informasi tingkat pedukuhan, sehingga adanya aplikasi ini warga masyarakat bisa langsung mengakses, memberikan saran, masukan kritikan yang semuanya transparansi dan terbuka,” katanya.

Pihaknya berharap, ke depan setelah adanya Peringatan Hari Jadi Kelurahan ini warga mulai terbuka, dalam arti bisa menyampaikan secara langsung melalui Askari yang bisa diakses melalui android atau smartphone.

Dia mengatakan, sedangkan kegiatan Senam Massal dan Bazar UMKM ini merupakan hiburan bagi warga Kelurahan Ringinharjo yang selama ini masih belum menerima sarana hiburan olahraga, padahal sarana olahraga di ruang terbuka hijau ini sudah memadai.

“Karena kalau pagi sudah banyak berjoging, sementara waktu sore bisa main bola, makanya hal ini juga bisa menjadi sarana hiburan bagi masyarakat dalam rangka hari jadi kelurahan,” katanya.

Sumber : Antara

Baca juga : Awas Hipertensi Ancam Kaum Milenial

Bayu

PSSI Kecam Keras Kontroversi Laga Sepak Bola Putra PON Aceh-Sumatera Utara

Previous article

Timnas Carter Pesawat saat Laga Tandang ke China dan Bahrain

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul