News

Integritas Kemenhub dalam Pengawasan Keselamatan Kapal

0
keselamatan kapal
Sejumlah kapal asing yang tertangkap pihak berwenang siap untuk ditenggelamkan di perairan Natuna, Kepulauan Riau. - Antara

STARJOGJA.COM, Info – Keselamatan pelayaran menjadi tanggung jawab dan integritas dari Kemenhub. Demi menjaga integritas ini Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt Hendri Ginting melakukan pengawasan dan pembinaan keselamatan dari berangkat hingga tiba di daerah tujuan.

“Secara umum, keselamatan kapal itu terus kita awasi, setiap kapal berangkat teman-teman petugas lakukan pengawasan,” katanya di Batam, Minggu.

Ia mengatakan dengan pengawasan dan pembinaan, maka tujuan pelayaran tercapai, yaitu kapal selamat dari berangkat hingga sampai di daerah yang dituju.

Hendri menyebutkan dengan situasi Indonesia yang merupakan negara kepulauan, maka konektivitas kapal laut antar provinsi, kabupaten/kota sangat diperlukan untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan.

“Masyarakat bisa terlayani, daerah yang perlu dukungan kapal penumpang segera diadakan, mengingat kita adalah negara kepulauan yang otomatis konektivitas itu adalah kapal,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kapal Penumpang Indonesia (Apkapi) Jonny De Quelaju mengatakan hingga saat ini, pihaknya mencatat sebanyak 207 armada kapal yang tersedia di seluruh Indonesia.

Pihaknya juga berkomitmen dalam memastikan keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang.

Selain itu, Apkapi berupaya memperluas konektifitas pelayaran kapal penumpang bagi masyarakat di Indonesia.

“Untuk itu ke depan, misi kami itu untuk membantu pemerintah, agar pulau-pulau yang belum disentuh kami akan membuka konektifitas tersebut,” kata Jonny.

Ia menyampaikan Indonesia yang merupakan negara kepulauan harus mendapatkan perhatian khusus dalam penyediaan armada transportasi kapal penumpang yang layak, nyaman, dan aman.

“Kami juga hadir untuk membantu pemerintah dengan membuka beberapa rute baru yang menghubungkan berbagai daerah, sehingga mempermudah akses masyarakat dan turut menggerakkan perekonomian lokal,” ujar dia.

Dengan begitu diharapkan bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilayani oleh kapal penumpang.

Sumber : Antara

Baca juga : Ini Aturan Naik KRL Sesuai SE Kemenhub Terbaru

Bayu

Dukung Transisi Pemerintahan: Komitmen dan Harapan untuk Kepemimpinan Prabowo-Gibran

Previous article

The Shadow Strays Karya Timo Tjahjanto Tayang di Festival Film Internasional Toronto

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News