News

Kemenkeu Mengajar di DIY Tanamkan Pentingnya APBN pada Pelajar

0
Kemenkeu Mengajar
Kemenkeu Mengajar (djp diy)

STARJOGJA.COM, Info – Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun ini menyelenggaraan kegiatan Kemenkeu Mengajar berkolaborasi dengan 9 sekolah yaitu SD Negeri Keputran 1, SD Negeri Adisucipto 2, SD Negeri Lempuyangan 1, SMP Negeri 2 Bantul, MAN 1 Yogyakarta, SMP Budya Wacana, SMA Stella Duce 1, SMA
Negeri 1 Wates, dan SMA Negeri 1 Wonosari.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar dimulai sejak tahun 2016. Tahun 2024 yang merupakan Kemenkeu Mengajar ke-9 (KM9) diadakan secara serentak di 326 sekolah yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. KM9 juga diadakan di 5  Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) yang berada di 4 negara dan 13 Sekolah luar Biasa (SLB).

KM9 mengambil tema “Peran APBN dalam Mewujudkan Kecerdasan, Kesehatan, dan Kesejahteraan”. Kemenkeu Mengajar juga diadakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Oeang ke-78 Republik Indonesia sekaligus bentuk bakti dan pengabdian para insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

Dalam era globalisasi saat ini, pendidikan merupakan kunci utama dalam pembentukan karakter bangsa dan meningkatkan kompetitivitas sumber daya manusia. Kemenkeu sebagai salah satu lembaga pemerintah yang berperan penting dalam menjaga ekonomi negeri, sangat memahami pentingnya pendidikan bagi generasi muda.

Kepala Perwakilan Kemenkeu DIY yang juga menjabat sebagai Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) DIY Agung Yulianta, membuka acara KM9 secara simbolis di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta.

“Kemenkeu Mengajar diselenggarakan serentak di tanggal 7 Oktober 2024 dan dimulai pukul 07.00 WIB hingga Pukul 12.00 WIB di sekolah masing-masing,” katanya.

Beberapa pejabat Eselon I dan Eselon II Kemenkeu juga hadir memberikan inspirasi di KM9 Yogyakarta, antara lain Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional Parjiono, serta Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Rudy Rahmaddi, hadir di SMA Stella Duce 1.

Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Gorontalo Adnan Wimbyarto, hadir di MAN 1 Yogyakarta. Direktur Keuangan dan Umum Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) Vigo Widjanarko serta Direktur Operasional dan Keuangan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Aradita Priyanti, hadir di SMP Negeri 2 Bantul.

Untuk memeriahkan kegiatan KM9 Yogyakarta, ada pengenalan anjing pelacak K-9 di SMA Stella Duce 1 dan SMP Budya Wacana. Unit K-9 ini digunakan untuk membantu tugas Kementerian Keuangan dalam menjaga arus barang masuk di bandara dan pelabuhan dari barang-barang berbahaya.

Kegiatan KM9 berjalan dengan lancar. Para siswa ikut terlibat dan berperan aktif dalam kegiatan ini. Mereka menampilkan performance unggulan dari masing-masing sekolah. Kegiatan diakhiri dengan penanaman pohon.

Baca juga : Kemenkeu Tetapkan Tarif Cukai Hasil Tembakau

Bayu

Wajib Pajak Lebih Mudah Bayar Pajak dengan CoreTax

Previous article

Staf Hotel Harper Malioboro dapat Pelatihan Mitigasi Kebakaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News