News

Ketum Muhammadiyah Sebut Tugas Muhammadiyah Mencerdaskan Bangsa

0
Muhammadiyah Mencerdaskan Bangsa
Haedar nashir (Humas UMY)
STARJOGJA.COM, Info – Muhammadiyah memiliki tugas sendiri dalam berbangsa dan bernegara. Haedar Nashir Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengatakan organisasinya memiliki tugas untuk mencerdaskan bangsa dengan berbasis Islam berkemajuan.

“Perjalanan kita sebagai bangsa masih jauh, tugas Muhammadiyah kepada masyarakat adalah mencerdaskan dengan pikiran yang maju. Itulah Islam berkemajuan,” katanya pada Hari Jadi ke-66 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2024).

Ia mengatakan agama Islam membawa peradaban yang lebih maju atau disebut juga Islam berkemajuan.

“Oleh karena itu, kami pesan kepada UMS dan seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa mengolah sedemikian rupa Islam yang berkemajuan,” katanya.

Ia berharap Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) memiliki pembeda dari perguruan tinggi yang lain.

“Perbedaan itu memberikan sesuatu yang bersifat rahmat, misalnya mahasiswa selain pandai, pintar, memiliki keahlian, dan berilmu, tapi tetap punya jiwa iman Islam dan akhlak mulia,” katanya.

Ia berharap dengan sumber daya yang dimiliki maka UMS dengan 43.000 mahasiswa bisa menjadi center of excellent atau pusat unggulan di Indonesia dan seluruh dunia.

“PTMA di seluruh Indonesia sudah punya Al Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai hal yang mendasar yang penting dan nilai yang melekat. Ini yang membedakan kita dari yang lain dan perbedaan ini memberikan sesuatu yang terbaik,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI, Jusuf Kalla, mengatakan tidak ada yang instan dalam pendidikan.

Ia mengapresiasi UMS memegang prinsip pendidikan yang berkemajuan.

“Pendidikan itu harus ditingkatkan terus-menerus untuk kemudian disebarkan. Dalam hal ini, universitas memegang amanah yang luar biasa untuk menuju kemajuan bangsa,” katanya.

 

 

Sumber : Antara

Baca juga : Ketum Muhammadiyah Ajak Rakyat Terima Hasil Pemilu 2024

Bayu

Nilai-nilai Keistimewaan DIY Bisa Memutus Lahirnya Sandwich Generation

Previous article

Timnas Indonesia Turun Peringkat ke 130 FIFA

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News