LifestyleNews

Dunia Satwa : Mengenal Cara Perawatan Harimau

0
harimau vietnam
Ilustrasi harimau (JIBI)

STARJOGJA.COM, Info – Harimau bagian dari famili felidae berisiko terjangkit penyakit yang disebabkan oleh parasit maupun cacing termasuk di Gembira Loka Zoo. Kepala Bidang Kesehatan Hewan Gembira Loka Zoo, drh. Berta Alviyanto mengatakan untuk antisipasi penyakit pihaknya melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit dan medical check up secara rutin.

“Tim medis Gembira Loka Zoo selalu mengadakan pengobatan dan tindakan untuk pencegahan seperti vaksinasi dan pengobatan cacing. Kita juga selalu melakukan medical check up minimal setahun sekali terhadap setiap satwa. Medical check up dapat berupa pengambilan darah, dilakukan x-ray di bagian dada atau paru-parunya, hingga usg,” ujarnya kepada Star Lovers.

Perawatan medis bagi harimau menggunakan PRT atau Positive Reinforcement Training yakni, pemberian konsekuensi menyenangkan terhadap binatang setelah melakukan tindakan tertentu. Namun, jika sifatnya penting dan segera, maka tim medis biasanya akan menggunakan gun khusus untuk melakukan injeksi obat maupun vitamin.

Ardiar Putra Wisnu, Keeper Zona Cakar Gembira Loka Zoo mengatakan mereka memiliki tanggung jawab untuk melakukan observasi dan memberikan laporan terhadap dokter hewan setiap harinya.

“Kita sebagai zookeeper tidak hanya merawat harian, bersihkan kandang, atau cuma ngasih makan, kita juga lakukan observasi kondisi harimaunya untuk dilaporkan ke dokter hewan, kalau ada satwa sakit kita langsung laporkan dan dilakukan penanganan,”ujarnya kepada Star Lovers.

Selain merawat secara medis, pihak Gembira Loka Zoo juga turut menjaga genetik harimau agar tetap berkualitas baik. Secara rutin, mereka kerap melakukan briefing terkontrol untuk menentukan spesies yang dapat dilakukan pengembangbiakan.

Dokter Berta mengatakan, tujuan utama dari briefing terkontrol ini adalah untuk menciptakan harimau dengan genetik yang baik supaya dapat bertahan hidup di alam bebas.

“Nanti goalnya, ketika kita punya genetik yang bagus itu bisa dirilis lagi ke alam, yang mana sekarang di alam juga sudah mulai menurun keberadaanya. Jadi, ketika berhasil menghasilkan genetik yang baik, maka akan survive juga di alam,” ujarnya.

Gembira Loka Zoo berusaha memaksimalkan perawatan harimau melalui fasilitas mainan dan hal-hal yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar harimau tetap mampu mengekspresikan tingkah lakunya seperti di alam bebas. Tak hanya itu, fasilitas seperti kolam dan tempat meneduh pun turut disiapkan oleh pihak mereka.

 

 

Baca juga : Harimau di Kebun Binatang Bronx Positif Corona

Penulis : Rossa Deninta

Bayu

Tottenham Lawan Manchester City Laga Penting di Akhir Musim

Previous article

Pelatih Shin Tae-yong Berusaha Lancar Bahasa Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle