JogjaKUNewsWisata

Jelajahi Aktivitas Budaya di Kampung Wisata Kadipaten

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Yogyakarta memiliki segenap cara untuk mengoptimalkan pembangunan wisatanya, salah satunya dengan berdirinya Kampung Wisata Kadipaten. Kampung yang masih berlokasi di wilayah Keraton Yogyakarta ini menawarkan sejumlah aktivitas layaknya masyarakat lokal dan menampilkan beberapa sejarah serta cagar budaya.

Secara arsitektur, Kampung Wisata Kadipaten memiliki bangunan unik yang khas dengan penggunaan ukiran kayu yang rumit. Tentu tak lepas dengan sentuhan nilai-nilai tradisional Jawa.

Kampung ini telah dikenal dengan suasana tradisional jawanya yang sangat kental dan asri. Tak heran, banyak dari pengunjung yang menggunakan kampung ini sebagai tempat mengasingkan diri dari keramaian hiruk pikuk perkotaan. Tak lupa, turut digunakan sebagai media pembelajaran segenap tradisi.

Secara spesifik, terdapat beberapa hal dan aktivitas yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk dilakukan. Pertama, anda tentu akan menemukan pengenalan budaya masyarakat lokal dalam bentuk museum atau pameran. Pengenalan budaya ini ada yang sifatnya benda dan bukan benda.

Anda akan menemukan deretan kerajinan tangan seperti topeng tradisional dan batik. Mereka juga akan memberikan kesempatan pada pengunjung untuk membuatnya sendiri secara langsung. Selain itu, terdapat beberapa tarian khas seperti pertunjukkan tarian dan musik khas Jawa.

Kampung ini juga menyediakan pasar tradisional Ngasem yang menjual hasil produksi kerajinan tangan tadi untuk dibeli. Ada juga beberapa souvenir dan barang-barang tradisional lainnya yang dapat anda jadikan sebagai buah tangan.

Tak hanya budayanya, Kampung Wisata Kadipaten dikenal memiliki taman yang indah untuk menamani pengunjung selama berkeliling. Selain itu, mereka juga memiliki wisata kuliner yang patut dicoba. Menu yang ditawarkan biasanya berupa makanan ringan dan makanan khas lokal dari Jawa.

Untuk anda yang sedang mencari sarapan, kampung ini juga tawarkan kuliner makanan pagi yang akan membahagiakan perut anda. Jadi, datang di jam berapapun kampung ini tetap akan tawarkan setiap sisinya dengan menarik. Anda juga bisa menyewa jasa pemandu wisata untuk menemani anda berkeliling seharian.

Yuk segera berkunjung!

Sumber : Visiting Jogja

Penulis : Rossa Deninta

Jurnal Haji 2024 : Jamaah Calon Haji Indonesia Diimbau Hormati Budaya Arab Saudi

Previous article

BMKG : Waspadai Hujan Lebat di 15 Provinsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU