Kota JogjaNews

100 Pelajar Ikuti Lomba Bahasa Jawa tingkat SMA/SMK sederajat

0
Lomba Bahasa Jawa

STARJOGJA.COM,JOGJA – 100 pelajar berlaga dalam lomba Bahasa Jawa tingkat SMA/SMK sederajat. Lomba digelar oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X di Dalem Jayadipuran Yogyakarta, Selasa-Kamis (6-8/8/2024). Lewat lomba ini diharapkan generasi muda dapat turut melestarikan budaya Jawa.

Pamong Budaya Ahli Madya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X, Ernawati Purwaningsih, menjelaskan Bahasa menjadi penting untuk dilestarikan. Menurutnya, Di dalam bahasa, termasuk Bahasa Jawa, terkandung nilai luhur dan budi pekerti.

“Dengan bahasa kita komunikasi dengan sesama. Di dalam bahasa Jawa ada tingkatanya. Kromo inggil, madya dan ngoko. Di situ ada etika bagaimana kita berbahasa dengan orang yang lebih tua, lebih muda atau sebaya,” katanya dalam pembukaan lomba.

Untuk lomba Pidato Bahasa Jawa ini baru digelar tahun ini. Adapun sebelumnya Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X sudah pernah menggelar Festival Pidato Bahasa Jawa, Cerita Jawa, Macapat, dan Karawitan.

“Pesertanya kami beri kuota 100 orang, tapi dibagi jadi tiga hari,” paparnya.

Melalui lomba Pidato Bahasa Jawa ini Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X ingin memberi ruang dan apresiasi kepada generasi muda yang mau melestarikan budaya Jawa.

“Paling tidak mereka menuliskan naskahnya dalam bahasa Jawa, kemudian disampaikan,” katanya.

Ia juga berharap melalui kegiatan ini generasi muda juga bisa mengetahui kekayaan bahasa dan budaya yang dimiliki.

“Banyak nilai sebagai pendidikan karakter. Bertutur dengan orang tua, sesama, beda-beda,” ujarnya.

Dalam lomba ini, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X menunjuk tiga dewan juri dari kalangan praktisi dan budayawan untuk menilai setiap peserta. Beberapa aspek penilaian lomba ini diantaranya bagaimana peserta berintonasi, gestur tubuh, materi yang disampaikan dan lainnya.

Dari 100 peserta, dewan juri akan menetapkan 10 peserta terbaik, dengan juara 1 sampai 5 serta lima orang nominator. Hadiah Lomba Pidato Bahasa Jawa bagi 10 peserta terbaik mulai dari Rp500.000 untuk lima nominator hingga Rp3 juta untuk juara 1.

Arti Plot Twist dan Contohnya dalam Kehidupan dan Film

Previous article

Star Insight Juli 2024

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja