Kota JogjaNews

Program Rehab, Inovasi BPJS Kesehatan Untuk Peserta JKN

0
program Rehab

STARJOGJA.COM, JOGJA – BPJS Kesehatan punya inovasi program Rehab atau Rencana Pembayaran Bertahap. Program ini dihadirkan agar dapat dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan .

Staff Penagihan BPJS Kesehatan Cabang Sleman, Angga Dwi Ananto mengatakan Rehab merupakan salah satu program unggulan BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan dan keringan bagi peserta mandiri yang memiliki tunggakan iuran. Melalui Rehab, peserta mandiri bisa melunasi tunggakan iuran dengan cara mencicil.

“Program REHAB merupakan inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan dalam upaya memberikan kemudahan bagi peserta segmen PBPU yang menunggak iuran,” kata Angga

Beberapa persyaratan untuk dapat mengikuti program tersebut diantaranya, peserta yang memiliki tunggakan segmen PBPU dan BP dengan tunggakan 4 sampai 24 bulan.

“Peserta dapat mendaftar melalui Aplikasi Mobile JKN atau mendaftar melaui BPJS Kesehatan Care Center 165. Maksimal periode pembayaran selama satu siklus program adalah 12 bulan dan status kepesertaan akan aktif kembali setelah seluruh tunggakan dan iuran berjalan lunas dibayar,” terangnya.

Ia menyebut Di Sleman, selama periode 2022 – 2024, ada 7.768 peserta yang telah bergabung dalam Program Rehan, dimana ada 4.187 aktif yang lain masih berproses cicilan

Sementara itu, Diego Arizona menyebut program ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta mandiri yang menunggak iuran, tetapi juga peserta BPJS Kesehatan sendiri.

“Untuk mengakses program tersebut, peserta JKN dapat mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN, call center 165, maupun datang langsung ke kantor BPJS terdekat.Nantinya, peserta dapat memilih skema pembayaran hingga maksimal 12 bulan, disesuaikan dengan bulan menunggak.Jika peserta sudah melunasi tunggakan, maka kepesertaan JKN akan otomatis aktif kembali dan bisa digunakan untuk mengakses fasilitas kesehatan,”terangnya.

Menurutnya, peserta harus mendaftar dulu, paling mudah memang dengan aplikasi Mobile JKN. Nanti skema pembayarannya seperti apa sudah dihitungkan juga. Tetapi jangan lupa dibayarkan. Karena kalau tidak dibayarkan, maka pendaftaran Rehab akan batal dan mengulang lagi dari awal.

GBK siapkan rumput terbaik untuk laga Indonesia vs Australia

Previous article

BPJS Sleman Siap Melayani Permintaan Informasi Pengaduan Keluhan Peserta Waktu di RS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja