News

OPINI : Waspadai Aksi Demo KNPB Ditunggangi Pihak Tidak Bertanggung Jawab

0
KNPB

STARJOGJA.COM,OPINI . Waspadai aksi demo atau unjuk rasa oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ternyata ditunggangi oleh pihak tertentu yang sama sekali tidak bertanggung jawab dan mereka terus saja menyebarluaskan berbagai macam isu provokasi hingga propaganda di tengah masyarakat.

Bahkan, salah satu aksi unjuk rasa atau demonatrasi yang mereka lakukan di Nabire, Papua Tengah ternyata memakan korban termasuk dari jajaran aparat keamanan. Menurut Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Nabire, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wahyudi Satrio Bintoro bahwa sejumlah massa aksi telah aparat amankan karena melakukan tindakan anarkis.

Sebelumnya aparat keamanan sudah memberikan imbuan namun ternyata justru mendapatkan perlakuan secara anarkis berupa lemparan batu hingga menyebabkan petugas terluka sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal Tentara Nasional Indonesia (Mayjen TNI) Izak Pangemanan menilai bahwa dalam setiap adanya aksi unjuk rasa atau demo, namun ternyata berujung pada kericuhan, maka hal tersebut pasti ulah dari kelompok tertentu yang memprovokasi massa.

Keberadaan pihak tertentu yang sama sekali tidak bertanggung jawab itu memang kerap kali menjadi dalang aksi anarkis yang terjadi di Tanah Papua, karena mereka memang menginginkan Papua merdeka dan bisa terlepas dari NKRI.

Masyarakat jangan sampai mudah terprovokasi dengan banyaknya omong kosong Papua merdeka karena semuanya demi kepentingan pribadi dan golongan kelompok tertentu saja.

Papua sendiri sudah sangat jelas dan tegas menjadi bagian dari NKRI, status tersebut bahkan sudah sah di mata dunia dan mendapatkan pengakuan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Tokoh Adat Papua, Herman Yoku meminta dengan tegas kepada KNPB atau siapapun pihak yang menunggangi demo agar mereka menghentikan upaya untuk memecah belah bangsa karena ajakan mereka selama ini telah menipu rakyat Papua dan memutarbalikkan fakta di lapangan.

Penulis : Olivia Sabo / Mahasiswa Hukum Universitas Yapis Papua

Pemadaman Listrik Yogyakarta Hari Ini Senin 19 Agustus 2024

Previous article

FC Dallas Sebut Kipernya Milik Garuda Timnas Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News